Skema FAQ : Panduan Untuk Pemula , Panduan untuk memulai skema FAQ dan menikmati manfaat data terstruktur untuk kehadiran yang lebih baik di penelusuran Google.
Menggunakan data terstruktur FAQ dapat membuat hampir semua situs web memenuhi syarat untuk muncul di Google dengan cantuman yang disempurnakan, menghasilkan lebih banyak lalu lintas pencarian.
Menerapkan data terstruktur ini relatif mudah. Bahkan bisa otomatis.
Pada artikel ini, pelajari lebih lanjut tentang skema FAQ , mengapa Anda harus menggunakannya, dan bagaimana menerapkannya untuk SEO on-page
Apa itu FAQ?
FAQ adalah singkatan dari Frequently Asked Questions.
FAQ adalah jenis halaman web yang berkembang sebagai bagian situs web yang nyaman untuk menjawab pertanyaan umum.
Orang yang memiliki pertanyaan khusus dapat mengikuti tautan ke bagian FAQ di situs web dan mengidentifikasi pertanyaan yang relevan.
Belakangan, laman web mulai menambahkan FAQ langsung di laman web yang relevan.
Dengan begitu, pengunjung situs web dengan pertanyaan yang terkait dengan halaman web tempat mereka berada dapat menemukan jawabannya di halaman yang sama.
Menambahkan bagian FAQ ke masing-masing halaman web membuat pengunjung situs web tidak perlu mengklik bagian FAQ dan kemudian mengambil langkah tambahan untuk menavigasi ke pertanyaan dan jawaban yang benar.
Oleh karena itu, halaman web FAQ khusus atau bagian FAQ di setiap halaman web berfungsi untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan.
Apa itu Skema FAQ?
Data terstruktur adalah informasi yang diatur secara khusus agar mesin dapat memahaminya.
Data terstruktur halaman web mengatur informasi dengan memberi label pada nama penulis, gambar, konten ulasan, pertanyaan dan jawaban dengan memberi label pada masing-masing.
Data terstruktur bekerja dengan secara eksplisit memberi tahu Google bahwa ini adalah nama penulis, ini adalah pertanyaan yang diajukan, dan ini adalah jawaban dari pertanyaan tersebut.
Informasi berlabel mudah digunakan Google untuk menambahkan hasil kaya di hasil penelusuran, yang menguntungkan situs web dengan lebih banyak lalu lintas.
Siapa yang Dapat Menggunakan FAQ Data Terstruktur
FAQ Data Terstruktur khusus untuk halaman dengan pasangan satu pertanyaan dan satu jawaban yang sesuai.
Apa yang unik tentang data terstruktur FAQ adalah dapat diterapkan di hampir semua jenis situs web, baik itu layanan lokal, e-niaga, atau laman web informasi.
Penerapan yang hampir universal dari data terstruktur FAQ menjadikannya ideal untuk halaman web apa pun untuk digunakan untuk mendapatkan keunggulan peringkat.
Mengapa Menggunakan Skema FAQ?
Ada beberapa alasan untuk mempertimbangkan penggunaan markup schema.org FAQ yang lebih dari sekadar mendapatkan keberadaan pencarian yang lebih baik.
Ada alasan praktis untuk menggunakannya yang dapat meningkatkan relevansi, meningkatkan konversi, dan memberi pengguna pengalaman pengguna yang lebih baik.
FAQ Dapat Mengarah ke Daftar Pencarian yang Disempurnakan
Cantuman pencarian yang disempurnakan untuk data terstruktur FAQ memiliki banyak manfaat.
Keuntungan yang signifikan adalah mendominasi lebih banyak ruang digital dalam hasil pencarian.
Ini tidak hanya membuat keberadaan pencarian Anda lebih besar, tetapi juga dapat mendorong pesaing ke halaman kedua hasil pencarian.
FAQ Hasil Kaya di Hasil Penelusuran GoogleTangkapan layar dari Google diedit oleh penulis, Januari 2023
Contoh di atas menunjukkan dua situs web yang menampilkan daftar FAQ yang disempurnakan. Yang penting diperhatikan adalah bahwa Google hanya menampilkan dua pertanyaan FAQ per situs web.
Google awalnya mengizinkan sekitar enam pertanyaan FAQ untuk ditampilkan ketika Google awalnya meluncurkan fitur hasil kaya FAQ.
Itu mengakibatkan satu situs web mendominasi hampir seluruh hasil pencarian di perangkat seluler dan hampir setengah dari hasil pencarian di desktop.
Jadi Google mengurangi jumlah pertanyaan yang ditampilkan dalam hasil pencarian untuk menawarkan situs web lain kesempatan untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama Google SERPs (halaman hasil mesin pencari).
FAQ Membuat Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik
Pengalaman pengguna yang baik adalah memberikan pengunjung situs web konten yang tepat yang mereka butuhkan saat ini.
Namun terkadang mereka membutuhkan informasi tambahan.
Penerbit atau toko e-niaga dapat memilih untuk menambahkan paragraf dan paragraf lebih banyak konten.
Tapi itu pengalaman pengguna yang lebih baik untuk menggunakan format FAQ karena memudahkan pengunjung untuk memperbesar pertanyaan yang relevan dengan cepat.
Bagian FAQ pada masing-masing halaman web menyediakan cara mudah untuk menjawab pertanyaan tanpa memperlambat pengunjung lain, itulah sebabnya FAQ dikatakan dapat meningkatkan pengalaman pengguna.
Cara lain mereka meningkatkan pengalaman pengguna adalah bahwa pertanyaan dapat dikelompokkan bersama berdasarkan topik, dengan tautan ke jawaban di bagian bawah halaman web.
Ini membuatnya sangat mudah bagi pengunjung untuk mengidentifikasi topik yang relevan dengan cepat dan kemudian mengklik pertanyaan yang relevan.
FAQ adalah alternatif yang nyaman untuk paragraf dan paragraf konten. Ini bagus untuk pengunjung dan penerbit karena membantu menciptakan pelanggan yang senang.
baca juga
FAQ Meningkatkan Relevansi Halaman Web
Halaman produk bisa sangat mirip dengan halaman yang diterbitkan oleh pedagang lain yang menjual produk yang sama atau mirip.
Hal ini dapat mengakibatkan halaman produk yang kurang unik.
Di masa lalu, beberapa pedagang e-niaga biasa menulis paragraf konten di bagian bawah halaman untuk membuat peringkat kata kunci yang ditargetkan tanpa mengganggu konsumen dari produk.
Konten FAQ memungkinkan pedagang untuk menambahkan konten yang bermanfaat dalam bentuk pertanyaan dan jawaban secara terpisah yang tidak mengganggu pembeli sekaligus membantu konsumen yang memiliki pertanyaan.
Manfaat bagi pedagang adalah pertanyaan dan jawaban tambahan menambahkan konten yang berguna dan unik yang meningkatkan relevansi laman web tersebut, membantu meningkatkannya dalam hasil penelusuran jika dilakukan dengan benar.
FAQ Tambahkan Lebih Banyak Konten ke Halaman Tipis
Ada banyak situasi di mana laman web tidak memiliki terlalu banyak konten atau kekurangan konten asli.
Salah satu contohnya adalah halaman area layanan untuk penyedia layanan lokal yang melayani banyak komunitas.
Halaman kota dapat mirip satu sama lain, meningkatkan risiko terlihat sebagai konten tipis karena hanya ada sedikit halaman yang unik untuk halaman lain.
FAQ memungkinkan penyedia layanan untuk menambahkan konten unik ke halaman web yang jika tidak akan menjadi duplikat dari semua halaman web area layanan kota lainnya.
FAQ unik berisi konten unik khusus untuk setiap kota membuat setiap halaman lebih relevan untuk kueri penelusuran.
FAQ Dapat Membantu Konversi
Menciptakan pengalaman pelanggan yang lancar penting untuk membantu mereka memutuskan mengambil tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mengisi formulir kontak.
Paragraf konten dapat mengganggu.
Bagian FAQ di setiap halaman web menyediakan cara terpisah untuk menambahkan lebih banyak konten tanpa mengganggu calon pelanggan.
Jawabannya dapat disembunyikan di balik tautan “klik untuk jawaban”, yang menyusutkan jumlah ruang yang ditempati oleh pertanyaan dan jawaban.
Oleh karena itu, FAQ membantu mempertahankan pengalaman tanpa gesekan yang diinginkan yang tidak memperlambat konsumen yang termotivasi dan prospek penjualan.
Data terstruktur FAQ menyediakan semua manfaat yang dijelaskan di atas plus membuat laman web memenuhi syarat untuk cantuman yang disempurnakan dalam hasil penelusuran.
Kapan Saya Harus Menggunakan Skema FAQ?
Mempertimbangkan semua manfaat bagi pengunjung dan penerbit, beberapa mungkin bertanya, “kapan sebaiknya saya tidak menggunakan skema FAQ?”
Dan itu sebenarnya pertanyaan yang masuk akal karena ada alasan mengapa menambahkan Skema FAQ (dan FAQ terkait) mungkin tidak berguna.
Salah satu pertimbangannya adalah kecepatan website. Menambahkan FAQ dapat memerlukan penambahan JavaScript untuk membuat fungsi jawaban tersembunyi.
Menggunakan plugin untuk menambahkan data terstruktur FAQ juga dapat memperlambat halaman dengan JavaScript.
Alasan JavaScript (ditambah unduhan gaya dan font) bisa menjadi masalah adalah karena mereka berkontribusi memperlambat halaman web.
Selain itu, terkadang konten di halaman web sudah cukup, dan menambahkan konten tambahan dalam bentuk FAQ mungkin mulai membuat halaman web kurang relevan daripada lebih relevan.
Bersandar untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menjawab pertanyaan.
Jika FAQ berlebihan dan tidak benar-benar menambah relevansi atau kegunaan, mungkin lebih baik tidak menggunakan FAQ di halaman itu.
Cara Membuat Skema FAQ
Ada banyak plugin WordPress saat ini yang menawarkan implementasi data terstruktur FAQ.
Beberapa plugin WordPress SEO seperti RankMath menawarkan fungsionalitas skema FAQ yang ada di dalamnya.
Arsip plugin WordPress menawarkan pilihan plugin data terstruktur khusus yang mempermudah penambahan data terstruktur FAQ.
Bagi mereka yang ingin menambahkan data terstruktur satu per satu, pencarian untuk generator data terstruktur FAQ menghasilkan banyak situs yang menawarkan metode isi-kosong untuk membuat data terstruktur yang benar.
Setiap Sistem Manajemen Konten (CMS), baik platform sumber tertutup SaaS sumber terbuka maupun berpemilik, harus menawarkan fungsionalitas skema FAQ dan FAQ, jika tidak terpasang, kemudian dengan ekstensi atau plugin add-on.
Tetapi jika Anda benar-benar ingin mengoptimalkan halaman Anda, cukup mudah untuk memberikan kode template yang diperlukan dan menambahkan data terstruktur secara manual ke setiap halaman web.
Konsultasikan saja Halaman Pengembang Google untuk Skema FAQ untuk melihat variabel apa yang diperlukan untuk hasil yang sukses.
Pedoman Skema FAQ Google
Aturan penting yang berlaku untuk setiap jenis data terstruktur adalah semua yang ada di skrip data terstruktur juga harus terlihat di halaman web itu sendiri.
Menambahkan informasi data terstruktur yang tidak ada di bagian halaman web yang terlihat dapat mengakibatkan hukuman tindakan manual dari Google.
Di luar itu, ada tiga pedoman yang direkomendasikan Google untuk diikuti semua penayang saat menambahkan data terstruktur FAQ:
Panduan data terstruktur umum .
Cari Essentials .
Pedoman konten .
Juga, luangkan waktu untuk membaca seluruh halaman pengembang Google yang didedikasikan untuk data terstruktur FAQ.
Cara Memvalidasi Skema FAQ Anda
Validasi Skema adalah proses pengujian untuk melihat apakah data terstruktur sesuai dengan persyaratan data terstruktur FAQ Google.
Data terstruktur harus valid agar halaman web memenuhi syarat untuk listingan lengkap di hasil penelusuran.
Cara terbaik untuk memvalidasi data terstruktur FAQ adalah dengan Pengujian Hasil Kaya Google .
Pengujian tersebut akan memberikan umpan balik jika ada yang hilang dan menunjukkan apakah kode tersebut valid dan memenuhi syarat untuk hasil yang kaya.
Kesimpulan
FAQ Markup Schema.org adalah sesuatu yang setidaknya harus dipertimbangkan oleh setiap situs untuk ditambahkan saat membuat halaman web.
Kegunaan dari menambahkan ini ke halaman web jauh melampaui memenuhi syarat untuk daftar yang disempurnakan dalam hasil pencarian Google.