SEO Bermerek di Tahun 2025

undercover.co.id – Empat Alasan Anda Tidak Dapat Mengabaikan SEO Bermerek di Tahun 2025 Pelajari tentang mengapa merek sangat penting di tahun 2024 dan bagaimana mengedukasi pengguna dan mesin pencari tentang merek Anda dapat meningkatkan lalu lintas.

Menurut Rand Fishkin: “Untuk sebagian besar bisnis kecil dan menengah serta kreator/penerbit baru, SEO kemungkinan besar akan menunjukkan hasil yang buruk hingga Anda membangun kredibilitas, permintaan navigasi, dan reputasi yang kuat di antara audiens yang cukup besar.” Dengan kata lain, jika Anda ingin membangun trafik organik, bangunlah merek Anda. Pertanyaannya adalah bagaimana mesin pencari mengukur merek, dan apa artinya hal itu bagi SEO Anda?

Dalam artikel ini, saya akan menggali pengaruh SEO dalam membangun merek, dan menunjukkan kepada Anda: Mengapa SEO bermerek adalah peluang yang belum dimanfaatkan yang harus Anda raih

Bagaimana merek dalam SEO berbeda dengan strategi merek tradisional. Cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengedukasi Google tentang merek Anda.

SEO bermerek, masih menjadi peluang SEO yang belum dimanfaatkan secara luas.

Belum dimanfaatkan karena, sebagai SEO, kita dilatih untuk mengabaikan trafik bermerek. Namun, dengan mengabaikan penelusuran bermerek, Anda berpotensi kehilangan beberapa peluang besar untuk memajukan bisnis Anda.

Alasannya adalah karena pengguna tidak hanya menggunakan mesin telusur untuk menemukan informasi dan produk. Mereka juga menggunakan mesin pencari untuk menemukan merek. Dengan berfokus pada bagaimana merek Anda muncul, Anda memiliki kesempatan untuk memengaruhi bagaimana pengguna yang berada di tengah-tengah merasakan merek Anda.

Jika Anda melakukannya dengan benar, hal tersebut dapat berubah menjadi hubungan jangka panjang dengan merek Anda. Jika salah, dan saya yakin Anda memiliki sejumlah pesaing yang ingin memiliki bisnis tersebut.

SEO Bermerek di Tahun 2025
SEO Bermerek di Tahun 2025

Hal ini membawa kita pada sebuah pertanyaan penting… Apakah ada sudut pandang SEO terhadap merek? Sebagai SEO, kita mempengaruhi bagaimana konten muncul di mesin pencari. Fungsi mesin pencari adalah untuk mencocokkan pengguna akhir dengan konten. Ini berarti sebagai SEO, kita tidak hanya berurusan dengan bagaimana pengguna memandang merek Anda.

Kita berurusan dengan bagaimana mesin pencari memahami bagaimana pengguna mempersepsikan merek Anda.

Perbedaannya tidak kentara, algoritme mesin pencari mengukur seberapa kuat sebuah merek dan memasukkan sinyal-sinyal tersebut ke dalam hasil pencarian. Mereka terutama tampaknya menggunakan tiga metode:

Mengukur kueri penelusuran bermerek Mengukur metrik keterlibatan merek Memahami entitas merek Anda Jadi, jika mesin telusur memasukkan sinyal merek ke dalam cara menghasilkan hasil penelusuran, maka sebagai SEO, kita harus mencari cara strategis untuk memengaruhi sinyal-sinyal tersebut.

1. Mengukur kueri penelusuran bermerek Kueri Penelusuran Bermerek

Dokumen Google yang bocor mengungkapkan aspek penting dari SEO bermerek: kekuatan sebuah merek secara signifikan mempengaruhi peringkat pencarian. Hal ini diukur melalui apa yang kita sebut sebagai BrandQueryFactor.

Metrik ini menilai seberapa sering pengguna mencari merek berdasarkan nama. Semakin banyak kueri spesifik merek yang diterima perusahaan, semakin tinggi kemungkinannya untuk mendapatkan peringkat yang baik di hasil penelusuran.

Kami memahami bahwa penelusuran bermerek memengaruhi peringkat Anda, pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara penelusuran bermerek memengaruhi peringkat Anda? Mungkin jawabannya bisa ditemukan di paten Google yang disebut Hasil Penelusuran Peringkat.

Paten ini menjelaskan bagaimana Google menggunakan kueri penelusuran bermerek sebagai faktor kualitas yang mirip dengan tautan. Faktanya, paten ini menjelaskan kueri penelusuran bermerek dan navigasi sebagai tautan tersirat yang menunjukkan kepercayaan dan maksud pengguna. ‘Tautan tersirat’ ini memiliki peran yang sedikit berbeda dalam membangun otoritas situs dibandingkan tautan yang sebenarnya:

Tautan berperan sebagai mosi percaya dari situs web lain, yang sering kali mengindikasikan pengakuan atau otoritas eksternal. Kueri penelusuran bermerek mencerminkan ketertarikan pengguna di dunia nyata, yang menandakan seberapa sering pengguna menelusuri dan berinteraksi dengan sumber daya melalui kueri.

Jika digabungkan dengan metrik bocoran Google di atas, kita dapat melihat bahwa sinyal merek meliputi keterlibatan pengguna dan analisis kueri bermerek. Google menggunakan sinyal-sinyal ini untuk melihat bagaimana pengguna terlibat dengan merek Anda. Meningkatkan sinyal merek dengan kueri bermerek dan lalu lintas langsung Sebagai seorang SEO, bisakah Anda meningkatkan lalu lintas bermerek?

Kebenaran yang menyedihkan adalah, tidak secara langsung. Ketika SEO Anda mulai mendatangkan trafik, Anda akan melihat peningkatan penelusuran bermerek. Tapi ini adalah manfaat tidak langsung daripada strategi pencarian bermerek.

Apakah ini berarti pencarian bermerek berada di luar kendali Anda? Untuk menjawab hal ini, penting untuk terlebih dahulu memahami cara meningkatkan sinyal merek. Beberapa tahun yang lalu, saat saya bekerja sebagai manajer SEO, saya memperhatikan sesuatu. Setiap kali kami menjalankan kampanye PPC, kami akan melihat peningkatan jumlah istilah pencarian bermerek di akun Search Console kami.

SEO Bermerek di Tahun 2025
SEO Bermerek di Tahun 2025

Metrik Keterlibatan Merek

Melihat bocoran Google, kita juga dapat melihat bahwa Google mengukur keterlibatan pengguna sebagai sinyal kekuatan merek.

Metrik Keterlibatan Merek mencakup faktor keterlibatan pengguna seperti rasio klik-tayang (CTR) dan interaksi pengguna dengan konten merek.

Keterlibatan yang lebih tinggi dapat memengaruhi peringkat secara positif. Ini berarti berfokus pada peningkatan keterlibatan pengguna adalah aspek penting dari SEO merek.

Cara terbaik untuk mengevaluasi keterlibatan pengguna di situs Anda adalah dengan membandingkan metrik keterlibatan Anda dengan metrik keterlibatan pesaing Anda. Sebagai contoh, saya menganalisis toyota.com dan empat pesaingnya dengan laporan Performa Situs Web . Melihat metrik Keterlibatan, kami melihat bahwa ford.com mendapatkan lebih banyak keterlibatan di hampir semua metrik.

baca juga

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterlibatan pengguna adalah dengan fokus pada navigasi situs. Ini berarti mencari tahu aliran informasi di situs Anda dan memasukkannya ke dalam:

Struktur URL Breadcrumb Menu tingkat atas

Pastikan juga bahwa bagian atas lipatan dari setiap konten secara langsung menjawab maksud pengguna secara langsung.

3. Membuat konten untuk [Merek] + Kata Kunci Pengubah

Anda memiliki pengaruh langsung terhadap bagaimana merek Anda muncul ketika pengguna mencarinya di Google.

Meskipun Anda mungkin berasumsi bahwa semua trafik bermerek Anda mengarah ke beranda, sebenarnya ada cara lain untuk menangkap trafik ini.

Terlebih lagi, trafik bermerek Anda dapat membantu Anda menemukan titik-titik yang melekat pada pelanggan atau bahkan area di mana Anda berpotensi kehilangan pelanggan karena pesaing Anda.

Coba gali kata kunci bermerek Anda. Anda mencari pengubah kata kunci yang mewakili masalah yang harus diselesaikan atau peluang yang harus dimenangkan. Pengubah kata kunci dapat berupa:

[merek] harga

[merek] ulasan

[merek] alternatif Di mana

[merek] berada

[merek] alternatif

Dengan melihat kata kunci bermerek Anda, Anda dapat dengan cepat melihat bagaimana pengguna berinteraksi dengan merek Anda dengan melihat pertanyaan yang mereka ajukan. Pastikan Anda memiliki konten yang menjawab semua pertanyaan ini. Jika Anda menemukan pertanyaan yang panjang, sebaiknya Anda membuat FAQ di situs Anda.

Jika Anda tidak melakukan hal ini, Anda mungkin akan melihat lalu lintas bermerek Anda beralih ke situs-situs seperti YouTube atau lebih buruk lagi, ke pesaing Anda.

Mengedukasi Mesin Pencari Tentang Entitas Merek Anda Aspek lain dari cara Google mengevaluasi merek Anda adalah melalui entitas merek Anda.

Pembelajaran mesin Google memungkinkan mesin pencari untuk memahami entitas dunia nyata. Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan informasi tentang entitas yang disebutkan di web dan mengatur informasi tersebut dengan cara yang mirip dengan cara otak manusia mengatur informasi.

Tujuannya adalah untuk memahami hubungan antara orang, tempat, dan berbagai hal sehingga Google dapat menyajikan informasi yang lebih relevan dan kontekstual di SERP. Pengetahuan Google terus berkembang dan diperbarui seiring dengan tersedianya informasi baru.

Bagaimana Google memahami merek Anda? Untuk mengetahuinya, cari di Google. Jika ada sinyal yang kuat di sekitar web, Google akan menampilkan hal-hal seperti Panel Pengetahuan, kotak Twitter (X), kotak gambar, dan banyak lagi.

Jika Anda tidak melihat apa pun, Anda memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, seperti yang saya sebutkan di atas, sebagian besar pengguna mendengar tentang merek Anda dan kemudian mengetikkan kata kunci di Google.

Apa yang mereka lihat ketika mereka tiba di SERP merek Anda terserah Anda. Kabar baiknya adalah Anda dapat mengedukasi Google tentang entitas merek Anda. Ketika Anda melakukannya, Anda tidak hanya akan meningkatkan SERP merek Anda, tetapi Anda mungkin akan melihat merek Anda muncul di tempat strategis lainnya.

Bagaimana cara mengedukasi Google tentang entitas merek Anda? Ada metode yang jelas untuk mengedukasi Google tentang entitas merek Anda.

Buat beranda entitas: Buat halaman khusus yang menjelaskan entitas Anda. Halaman ini harus menguraikan dengan jelas apa yang dilakukan bisnis Anda dan siapa yang dilayani.

Meskipun ini dapat berupa halaman mana pun di web, tempat terbaik untuk melakukannya adalah di halaman ‘Tentang Kami’. Buatlah kutipan entitas: Penyebutan merek Anda di seluruh web akan memperkuat informasi yang disediakan di beranda merek Anda.

Penting untuk menjaga agar deskripsi merek Anda tetap konsisten di seluruh web sehingga Google dapat mencocokkan setiap kutipan dengan beranda entitas Anda.

Kutipan dapat muncul di halaman yang Anda kendalikan, seperti profil media sosial, namun kutipan di halaman yang tidak Anda kendalikan sering kali memiliki bobot yang lebih besar dan memberikan manfaat yang lebih besar.

Tautkan dari beranda entitas Anda ke kutipan entitas Anda: Ini bisa berarti menyertakan tautan ke profil media sosial Anda serta postingan tamu, video, atau podcast yang ditampilkan oleh merek Anda.

Scroll to Top