Apa itu Penelusuran Organik? Pelajari lebih lanjut tentang apa itu pencarian organik, bagaimana Anda dapat berhasil mulai melakukan SEO di perusahaan Anda, dan mengapa saluran ini penting untuk bisnis Anda.
Optimisasi mesin pencari organik (SEO) adalah proses muncul lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP) secara alami.
Penelusuran organik adalah salah satu saluran paling efektif untuk mendapatkan lalu lintas atau konversi karena gratis – relatif terhadap penelusuran berbayar, di mana Anda harus membayar untuk penempatan dan klik Anda – dan pengguna memahami bahwa Anda relevan dengan apa yang mereka ketik.
Pikirkan tentang terakhir kali Anda pergi ke halaman dua Google untuk mencari atau melakukan sesuatu seperti membaca artikel atau membeli produk . Tidak masalah apa yang Anda coba lakukan; hampir tidak mungkin Anda pergi ke halaman dua untuk melakukannya.
Kami dapat memanfaatkan banyak strategi untuk pencarian organik, seperti riset kata kunci dan mengoptimalkan konten atau memperbaiki masalah teknis yang menghalangi pengguna mengakses situs web.
Dalam artikel ini, kami akan fokus pada berbagai cara untuk meningkatkan visibilitas organik, cara kerja SEO, mengapa saluran ini penting bagi bisnis Anda, dan cara memulai penelusuran organik.
Bagaimana Cara Kerja Pencarian Organik?
Cara paling sederhana untuk merujuk ke penelusuran organik adalah dengan memikirkan hasil penelusuran apa yang paling relevan untuk dilihat pengguna saat mereka mengetikkan kata kunci atau kueri tertentu ke Google.
Pencarian organik adalah proses yang terdiri dari berbagai strategi pemasaran digital untuk memastikan hasil kami muncul pertama atau, paling tidak, di halaman pertama hasil mesin pencari.
Muncul di puncak Google bukanlah trik sulap. Dibutuhkan koordinasi dan kerja sama dari berbagai departemen , dukungan eksekutif, tim pemasar dan ahli SEO yang berbakat, dan cara yang layak untuk melacak dan memantau hasil Anda.
Pencarian organik terdiri dari berbagai teknik yang berbeda, seperti penelitian kata kunci, pengoptimalan dan pembuatan konten, audit teknis, dan strategi pemasaran offline.
Tujuan pencarian organik adalah untuk memastikan pengguna memiliki pengalaman hebat di situs web dan halaman arahan Anda, dan mendapatkan jawaban yang mereka cari – apakah itu untuk mengonsumsi konten, membandingkan dua hal satu sama lain, atau membeli produk.
Google tidak terlalu peduli dengan pencarian organik. Yang dipedulikan Google adalah memastikan penggunanya menemukan konten yang unik, berguna, dan relevan untuk apa yang mereka cari.
Jika Anda dapat mencocokkan konten Anda dengan hati dan pikiran pengguna, maka Anda dapat memastikan bahwa Google menghargai upaya Anda dan menunjukkan halaman Anda lebih tinggi di SERP.
Ada banyak cara berbeda untuk menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa di situs web Anda.
Pencarian organik dipecah menjadi tiga kategori utama: relevansi, dapat ditemukan, dan otoritas.
Bawa Riset Kata Kunci Anda ke Tingkat Baru
Lakukan riset yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat – temukan kata kunci yang dapat diperingkatkan oleh situs Anda sekarang dan saran yang diperiksa kualitasnya. Coba Penjelajah Kata Kunci gratis!
Coba Gratis
- Relevansi adalah relevansi tema halaman dan konten yang terkait dengan kata kunci target tertentu.
- Discoverability adalah kemampuan situs untuk ditemukan dan diindeks dengan benar oleh mesin pencari.
- Otoritas adalah otoritas halaman dalam mesin pencari .
Faktor-faktor ini dapat berkontribusi pada peringkat halaman yang lebih tinggi di SERP, idealnya di halaman satu.
Mereka yang bekerja di SEO perlu berkolaborasi dengan berbagai departemen yang berbeda untuk memastikan Anda dapat terus memberikan pengalaman pengguna terbaik kepada pelanggan Anda.
Profesional SEO perlu bekerja dengan tim konten untuk membuat konten berkualitas tinggi. Mereka juga perlu bekerja dengan tim pengembangan untuk memastikan situs web mereka secara teknis baik, dan, akhirnya, mereka perlu memantau semua hasil ini untuk memastikan bahwa apa yang mereka lakukan berfungsi.
Saat bekerja dengan tim pengembangan, Anda harus memastikan bahwa konten yang Anda buat dimuat dengan cepat dan mudah ditemukan oleh mesin telusur dan pengguna.
Salah satu cara terbaik untuk memastikan konten ini ditemukan adalah dengan menautkan ke konten Anda yang relevan secara internal. Ini memudahkan Google dan pengguna untuk menemukan konten Anda dan memahami konten terkaitnya.
Kecepatan halaman dan situs juga penting untuk diingat, karena Google menghargai ini terkait dengan pengalaman pengguna.
Pikirkan berapa kali Anda meninggalkan situs karena situs dimuat dengan lambat – itulah mengapa penting untuk mempertimbangkan hal ini saat membuat konten.
Seperti yang Anda lihat, banyak faktor dan tim berbeda yang terlibat dalam memastikan situs web Anda dalam kondisi yang baik, yang semuanya mengarah pada upaya SEO yang sukses.
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak dukungan seputar SEO adalah menunjukkan kepada sesama anggota tim dan departemen dampaknya terhadap bisnis, kesadaran merek, dan visibilitas online Anda.
baca juga
- Cara Buat URL yang SEO Friendly dan Mudah Dicari
- Internal Linking: Rahasia Biar Pengunjung Betah di Website
- Optimasi Gambar untuk SEO: Jangan Cuma Upload Aja!
- Struktur Heading (H1, H2, H3) yang Bener Itu Kayak Gimana?
- Meta Title & Meta Description: Bikin yang Klikable & SEO Friendly
Mengapa Pencarian Organik Penting Untuk Bisnis Anda
Penelusuran organik penting untuk bisnis Anda karena konsumen Anda menghabiskan banyak waktu untuk mencari jawaban atas pertanyaan atau masalah di Google.
Saat ini, ada lebih dari 2 triliun pencarian di Google setiap tahun.
Selain itu, sebagian besar lalu lintas situs web Anda berasal dari pencarian organik – disadari atau tidak.
Dengan pertumbuhan seluler, setiap hari, Google melihat sekitar 15-20% kueri yang belum pernah dilihat sebelumnya.
Pikirkan tentang seberapa sering Anda mengetik sesuatu ke Google di ponsel cerdas Anda, apakah itu untuk mencari film terbaru aktor, menemukan produk baru, mencari lokasi, atau mengetik sesuatu yang pribadi yang tidak ingin Anda tanyakan kepada orang lain.
Intinya adalah bahwa Google adalah tempat pelanggan Anda pergi untuk memulai perjalanan pembeli mereka, jadi penting untuk memastikan Anda berinvestasi dalam pencarian organik sehingga Anda dapat peringkat di halaman satu untuk istilah pencarian yang relevan.
Cara lama untuk berpikir tentang SEO adalah membuat konten dan kemudian memberi tahu tim pencari untuk “melakukan SEO ini” artikel dan berharap peringkat tinggi mengikuti.
Sebaliknya, Anda perlu berinvestasi dalam kecerdasan pencarian di awal proses pembuatan konten. Dengan cara ini, Anda dapat memberi tahu tim konten apa yang harus mereka sertakan dalam konten mereka atau jenis konten apa yang harus mereka buat.
Anda harus lebih proaktif dengan data pencarian Anda dan menggunakan informasi itu untuk memperkuat apa yang Anda lakukan secara internal dan membuat strategi dan program SEO yang efisien.
Suka atau tidak, orang-orang menggunakan mesin pencari untuk setiap hal dalam kehidupan sehari-hari mereka, jadi kita perlu mulai menginvestasikan lebih banyak waktu ke SEO dengan cara yang sama seperti perusahaan mendedikasikan begitu banyak waktu untuk pencarian berbayar.
Perbedaan Antara Pencarian Berbayar & Organik
Perbedaan utama antara pencarian berbayar dan pencarian organik adalah bahwa pencarian berbayar adalah sumber lalu lintas bayar untuk bermain, sedangkan pencarian organik diperoleh dengan memberikan hasil terbaik untuk pencarian tertentu.
Biasanya, pencarian berbayar dilambangkan di bagian atas atau bawah SERP dengan label “Iklan”. Semua yang ditemukan di bawah iklan berbayar ini adalah hasil pencarian organik.
Pencarian berbayar adalah strategi jangka pendek untuk muncul di mesin pencari karena begitu Anda berhenti membayar iklan, Anda berhenti muncul.
Pencarian organik adalah strategi jangka panjang untuk muncul di mesin pencari karena Anda dapat secara konsisten memberi peringkat di halaman satu selama bertahun-tahun dengan hanya menerapkan sedikit penyesuaian pada halaman peringkat.
Ini adalah cara yang jauh lebih hemat biaya untuk mendapatkan lalu lintas dan konversi karena Anda tidak membayar setiap kali seseorang mengklik konten peringkat Anda.
Hasil pencarian organik dapat ditampilkan dalam banyak cara: tautan biru standar, hasil kotak jawaban, Orang Juga Bertanya, paket lokal, gambar, video, dll.
Kami perlu memprioritaskan pencarian organik karena rasio klik-tayang (CTR) hasil pencarian organik hampir sepuluh kali lebih tinggi daripada pencarian berbayar.
Pikirkan tentang seberapa sering Anda melewatkan iklan di YouTube atau maju cepat selama iklan. Cukup dengan melihat perilaku pengguna, kita tahu bahwa iklan berbayar bukanlah tempat yang paling tepat untuk dikunjungi lagi untuk mendapatkan informasi.
Pengguna lebih suka menavigasi dan mengklik daftar organik karena mereka tahu konten ini akan memiliki jawaban yang mereka inginkan.
Saya tidak mengatakan untuk menghindari pencarian berbayar sepenuhnya, tetapi harus ada keseimbangan dan sinergi yang sehat antara upaya berbayar dan organik Anda daripada memfokuskan semua sumber daya Anda pada keuntungan jangka pendek yang disediakan oleh pencarian berbayar.
Anda dapat membuat strategi pemasaran digital yang sangat efektif dengan memastikan sinergi antar saluran.
Misalnya, jika ada kata kunci yang tidak Anda rangking di halaman pertama, Anda harus mulai meningkatkan pengeluaran berbayar untuk kata kunci ini sambil mengoptimalkan konten terkait.
Selain itu, misalkan ada kata kunci yang sudah Anda peringkatkan di halaman satu. Dalam hal ini, Anda dapat mengurangi pengeluaran berbayar untuk frasa ini – karena Anda tidak perlu membayar untuk klik jika Anda sudah mendapatkan peringkat organik di bagian atas hasil.
Beberapa studi kasus (Pengungkapan: Saya bekerja di Konduktor) mengatakan muncul di daftar berbayar dan organik lebih baik, karena pengguna mengingat nama merek.
Secara keseluruhan, dengan menggunakan data antara dua saluran, Anda dapat mengetahui dan menguji apa yang terbaik untuk organisasi Anda.
Bagaimana Memulai Pencarian Organik?
Ada banyak pengungkit berbeda yang dapat Anda tarik dalam SEO untuk mulai menyelesaikan sesuatu.
Cara Anda harus berpikir untuk memulai SEO adalah dengan memastikan konten situs web Anda relevan dan dapat ditemukan.
Memecah ini pada tingkat tinggi, Anda perlu membuat konten yang relevan dan memastikan konten ini dapat diakses dan secara teknis terdengar.
Pelanggan
Pertama, Anda harus membuat konten yang sesuai dengan suara konsumen.
Jika Anda tidak mencocokkan konten Anda dengan pelanggan, maka tidak ada yang akan menemukannya. Dengan melakukan riset kata kunci, Anda dapat memastikan bahwa konten berkualitas tinggi Anda menggunakan frasa yang benar-benar dicari pelanggan.
Volume penelusuran bulanan (MSV), atau jumlah rata-rata orang yang menelusuri frasa setiap bulan, merupakan metrik penting, tetapi juga metrik terarah.
Anda harus memprioritaskan relevansi kata kunci Anda terlebih dahulu dan terutama. Jika tidak, karena SERP sangat kompetitif, Anda mungkin membawa lalu lintas yang tidak memenuhi syarat atau tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk menentukan peringkat.
Fondasi Teknis yang Baik
Kedua, saat membuat konten atau situs web Anda, Anda ingin memastikan bahwa dasar teknisnya kuat.
Dari tingkat tinggi, Google atau perayap mesin pencari lainnya menemukan konten Anda dengan merayapi semua tautan di situs web Anda dan mengikuti semua tautan yang dapat diakses.
Selanjutnya, mesin pencari mulai menganalisis tautan ini untuk melihat konten apa yang ada di halaman dan menyimpannya di indeks pencarian.
Akhirnya, ketika pengguna mencari sesuatu di mesin pencari, konten ini disajikan kepada pengguna dan memberi peringkat halaman arahan yang paling relevan dengan apa yang menurut algoritme akan memberikan jawaban terbaik.
Ini penting karena jika Anda mempersulit Google untuk menemukan konten Anda, atau jika Anda membuat konten yang dimuat dengan sangat lambat, Google tidak akan mau menampilkan konten ini kepada pengguna.
Pantau Dan Ukur Hasil
Terakhir, Anda perlu memantau dan mengukur hasil dari strategi yang Anda terapkan.
Dengan menggunakan perangkat lunak SEO perusahaan atau alat SEO yang lebih kecil, Anda dapat melacak peringkat kata kunci, pangsa pasar, dan lalu lintas organik kami untuk lebih memahami apa yang terjadi dan kapan perubahan diperlukan.
Setengah dari cerita adalah tentang melakukan penelitian dan menerapkan perubahan. Setengah lainnya sedang menggali pelaporan untuk melihat apa yang berhasil dan tidak.
baca juga
- Cara Buat URL yang SEO Friendly dan Mudah Dicari
- Internal Linking: Rahasia Biar Pengunjung Betah di Website
- Optimasi Gambar untuk SEO: Jangan Cuma Upload Aja!
- Struktur Heading (H1, H2, H3) yang Bener Itu Kayak Gimana?
- Meta Title & Meta Description: Bikin yang Klikable & SEO Friendly
Kesimpulan
Penelusuran organik adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa pengguna menemukan konten Anda. Anda tidak membayar untuk klik ini; Anda mendapatkan mereka.
Pengguna memahami bahwa konten yang muncul di bagian atas hasil mesin pencari adalah konten yang paling relevan dan bermanfaat untuk apa yang mereka cari.
Dengan membuat hidup lebih mudah bagi Google, Anda juga akhirnya menuai hasilnya, karena konten dan situs web Anda menerima lebih banyak lalu lintas organik, konversi, dan pengakuan secara internal.
Menjadi lebih terlihat secara organik bukanlah pekerjaan yang mudah.
Akan selalu ada banyak trial and error sebelum mencari tahu apa yang berhasil. Namun, itulah bagian terbaik dari SEO – setelah Anda mengetahui apa yang berhasil, Anda dapat meniru kemenangan dan pembelajaran tersebut di seluruh situs.
SEO adalah industri yang sangat cepat yang selalu berubah.
Dengan tetap mengikuti pembaruan algoritme, jenis hasil baru, dan tren industri, Anda dapat memastikan situs Anda selalu berada di urutan teratas hasil penelusuran.