Mempertahankan Merek SaaS & Saluran Organik Selama Resesi , Sangat penting bagi merek SaaS untuk fokus pada proposisi nilai dan mengatasi titik gesekan konsumen. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk mempengaruhi opini konsumen melalui SEO dan konten.
Selama resesi ekonomi, anggaran pemasaran dan ROAS biasanya mendapat sorotan yang lebih besar.
Anda harus membaca artikel ini untuk mengetahui alasan mengapa Anda tidak boleh memotong pengeluaran SEO selama resesi.
Pertanyaan selanjutnya adalah tentang ROI dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi masalah yang akan datang.
Selama kemerosotan ekonomi, tujuan untuk mengurangi churn akan diperkuat. Saluran penjualan Anda mungkin melihat lebih sedikit aktivitas, dan C-suite mungkin lebih fokus pada MRR (pendapatan berulang bulanan) dan ARR (pendapatan berulang tahunan).
Pada artikel ini, saya akan melihat bisnis berbasis model langganan dan beberapa metode dan strategi yang dapat mengarahkan upaya SEO mereka untuk mempertahankan kinerja dan ROI SEO (laba atas investasi).
Memahami Mengapa Akun Dibatalkan
Pelanggan membatalkan langganan mereka karena berbagai alasan, tetapi selama kemerosotan ekonomi, alasannya cenderung mengarah pada biaya dan nilai yang dirasakan.
Alasan lain termasuk tidak menerima nilai yang cukup dari langganan, kesulitan untuk membatalkan langganan mereka, atau merasa bahwa dukungan pelanggan tidak responsif atau tidak membantu.
Anda dapat mengidentifikasi masalah-masalah ini sebelum pelanggan memberikan umpan balik pada survei keluar. Ciptakan peluang untuk melakukan percakapan dan umpan balik dengan tim penjualan dan layanan pelanggan. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mengatasi masalah sebelum mereka membatalkan.
Menargetkan Ketidakterlibatan & Kekurangan Nilai
Untuk menunjukkan nilai ini, kita dapat mengubah konten dan pesan kita untuk menunjukkan biaya peluang dan bagaimana biaya di muka mencegah kekurangan yang lebih signifikan dalam jangka panjang.
Menghadapi gesekan penggunaan dengan perangkat lunak adalah masalah yang dapat diidentifikasi.
Di dalam organisasi, tim harus dapat memberikan Anda akses ke data DAU (pengguna aktif harian) dan MAU (pengguna aktif bulanan).
Perusahaan sering membanggakan jumlah yang tinggi, namun data ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi akun dengan frekuensi login di bawah rata-rata atau cadangan, dan ini kemudian dapat dikumpulkan dan dihubungi.
Masukkan akun-akun dengan langganan tingkat rendah dan menengah ke dalam tantangan email dan hubungi mereka. Tawarkan konsultasi dengan staf akun. Anda juga dapat meminta mereka untuk mengisi formulir umpan balik untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi untuk membantu membangun strategi konten.
Jangkau akun-akun yang memiliki langganan tingkat tinggi dengan manajer akun yang ada.
Mengatasi masalah pelanggan dapat sesederhana menyusun ulang elemen halaman produk komersial, menambahkan bagian tambahan, atau memperkuat proposisi nilai dengan studi kasus.
Anda juga dapat mengatasi masalah ini dengan konten blog tradisional. Tambahkan lebih banyak artikel dukungan ke pusat dukungan Anda dan kembangkan artikel yang sudah ada dengan media seperti video untuk mengatasi titik-titik gesekan yang umum terjadi.
Mengembangkan Konten untuk Melawan Jebakan Nilai Pesaing
Harga mungkin merupakan alasan yang paling sulit untuk diprediksi dan dikelola. Harga diinformasikan dan ditentukan oleh kebutuhan dan biaya bisnis lainnya. Meskipun mungkin masuk akal untuk menawarkan penawaran ke akun bernilai tinggi, mengurangi harga dalam skala besar kemungkinan besar bukan pilihan.
Harga dan biaya bersifat subjektif terhadap nilai yang diberikan oleh solusi Anda. Jadi, mendemonstrasikan manfaat Anda dapat membantu pelanggan menjustifikasi pengeluarannya.
Biaya solusi apa pun harus, setidaknya, menyeimbangkan masalah atau memberikan nilai tambahan.
Hal ini dikenal sebagai analisis biaya-manfaat. Bagian penting dari analisis biaya-manfaat adalah membandingkan biaya solusi dengan manfaatnya dan menentukan nilai bersih sekarang.
Selama penilaian ini, pesan Anda dapat meningkatkan dan menunjukkan manfaat tambahan, atau peningkatan manfaat, terhadap pesaing Anda.
Dalam SaaS, Anda dapat memecahnya sebagai perbandingan antara elemen produk dan elemen “paket” secara keseluruhan:
- Fitur produk langsung dan kinerja fitur tersebut.
- Fitur produk tidak langsung dan “tambahan” yang melengkapi produk inti.
- Bandwidth solusi secara bulanan atau tahunan.
- Jumlah kursi pengguna/sub-akun per akun utama.
- Kecepatan respons dukungan pelanggan (dan tingkat dukungan pelanggan).
Pendekatan yang umum digunakan untuk menyoroti kelemahan pesaing adalah dengan tabel perbandingan dan URL serta blog merek-kami-merek-pesaing-merek-kami.
Halaman-halaman ini kemudian akan bersaing dengan versi pesaing Anda dan situs web independen, afiliasi, dan ulasan lainnya untuk mendapatkan klik dan mempengaruhi opini konsumen.
Anda juga harus menjelaskan manfaat dan keunggulan kompetitif ini pada halaman produk itu sendiri.
Mencantumkan fitur produk secara singkat adalah hal yang biasa. Tetapi pastikan manfaatnya dijelaskan secara langsung terhadap pesaing Anda. Hal ini dapat membantu keunggulan kompetitif ini lebih beresonansi dengan audiens target Anda.
Memperkuat Solusi Merek
Istilah pencarian gabungan merek adalah istilah yang terdiri dari dua kata atau lebih dan mengacu pada merek tertentu.
Misalnya, istilah pencarian gabungan merek akan menyoroti pengguna yang ingin mencari produk erk tersebut
Pengguna yang melakukan penelusuran seperti ini juga menegaskan kembali hubungan antara topik dan merek, sehingga membantu Google lebih memahami hubungan dan relevansi.
Untuk mengoptimalkan istilah pencarian gabungan merek, Anda perlu memahami konsep pemasaran semantik. Ini berarti mengetahui bagaimana berbagai kata, frasa, dan ide berhubungan dalam hal makna.
Anda harus meneliti bagaimana audiens target Anda mencari informasi yang terkait dengan produk atau layanan Anda dan menggunakan istilah pencarian tersebut dalam konten Anda.
Strategi lain yang dapat Anda gunakan adalah menambahkan pengubah ke istilah pencarian Anda.
Ini bisa berupa kata-kata seperti “terbaik”, “cara”, atau kata kunci lain yang akan membuat pencarian lebih spesifik. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas bertarget yang kemungkinan besar akan mengkonversi lebih baik daripada istilah pencarian umum.
baca juga
- Raja SEO Solusi Untuk SEO Perusahaan Jakarta
- Digital Marketing Optimization
- 6 Tips Menulis Artikel Panjang
- Peringkat Video Youtobe
- Peringatan! Iklan di Youtube Akan Semakin Banyak!
Ringkasan
Meskipun saat ini adalah masa-masa yang tidak menentu dan persaingan untuk mendapatkan pengguna dan pendapatan berulang menjadi semakin ketat, mengubah strategi SEO dan konten Anda untuk fokus pada proposisi nilai dan mengatasi titik gesekan konsumen dapat membantu memenuhi syarat prospek dengan lebih baik dan memberikan pertanyaan keberatan yang akan diajukan oleh konsumen kepada pesaing.
Dalam strategi ini, volume pencarian kata kunci dan nilai lainnya mungkin tidak tinggi. Ketika Anda menangani titik gesekan dan masalah pengguna, nilainya bersifat kualitatif, bukan kuantitatif.