undercover.co.id – Link Internal pada peringkat di Google, bisa tembus halaman satu google?
Penautan Internal ternyata memiliki beberapa pengaruh pada peringkat halaman di Google.
Google menjelaskan bahwa perubahan pada penautan internal dapat membuat perubahan dramatis pada peringkat situs, baik positif maupun negatif.
Di Hangout Webmaster, Google John Mueller menjelaskan cara terbaik untuk memperbarui tautan internal.
Mengubah Link Teks Internal
John Mueller menjelaskan, Jika anda melakukan pembaharuan teks tautan secara internal agar lebih mudah dimengerti oleh pengguna, biasanya itu juga membantu mesin telusur untuk lebih memahami konteks laman tersebut.
Jika anda hanya mengubah teks seperti tulisan dan anda mengubah link dari satu teks ke teks lainnya, maka tidak akan ada perubahan pada peringkat.
John Mueller menasihati bahwa mempraktikkan SEO dengan baik akan menggiring website pada kualitas terbaiknya.
Ia menerangkan bahwa Google melihat situs melalui dari bagaimana penggunaan SEO disusun dengan baik, jadi asal menautkan link teks internal saja tidak akan cukup untuk mengangkat kualitas sebuah halaman website.
Kenyamanan Pengguna
Di samping itu, seberapa nyaman atua tidak nyamannya pengguna ketika membuka situs, dapat dilihat dari berapa lama penguna tetap betah berada di sebuah halaman kemudian tergerak untuk memahami konten di halaman lainnya.
Jika terlalu banyak link internal yang ditautkan ke dalam sebuah halaman, tentunya hal itu akan menganggu pembaca yang ingin membaca sebuah informasi dari sebuah situs website.
Ketika link internal ditempatkan dengan rapi dan nyaman, tidak terlalu banyak, berjarak namun tidak mengganggu penglihatan maka itu akan menjadi lebih nyaman untuk pembaca.
Jadi, pengguna kemudian mengklik tautan lainnya karena merasa penting untuk mengetahui penjelasan lain dari suatu artikel yang lain dari satu situs yang sama akan membuat google memperhitungkan bahwa website tersebut memiliki kualitas link internal konten yang berkualitas juga selain yang muncul di halaman pertama.
Link-link terkait akan mempengaruhi penilaian google pada keseluruhan isi sebuah website.
Membantu Memahami Konteks Halaman
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan penjelasan John Mueller menyatakan bahwa memperbaharui link internal dan anchor text akan membantu mesin pencari “lebih memahami konteks halaman tersebut.”
Sebelumnya, faktor penentu peringkat juga akan dipengaruhi oleh teks internal dan link terkait lainnya ketika ditambahkan dalam sebuah halaman, namun di masa modern ini, hal tersebut tidak terjadi.
Kini google melihat link internal hanya sebagai faktor untuk memahami konteks halaman konten, kemudian memutuskan keseluruhan konten di dalam sebuah web layak dinilai berkualitas dan direkomendasikan kepada pembaca.
baca juga
- Mengenalkan AI, Era Baru Digital Marketing
- Google Ungkap Tren Kampanye
- Pakar SEO Indonesia Undercover.co.id
- Peringkat Video Youtobe
- Peringatan! Iklan di Youtube Akan Semakin Banyak!
Apa itu Link Juice SEO? Apa Pentingnya untuk Website Anda?
Hmmm… Memang masih banyak yang menganggap SEO itu sekadar membuat artikel dan menyebarkan keyword di dalamnya. Mungkin, Anda salah satunya.
Padahal, ada banyak faktor ranking yang dipertimbangkan oleh mesin pencari. Salah satunya adalah link juice SEO. Apa itu? Mari simak selengkapnya.
Apa itu Link Juice SEO?
Link juice SEO atau link value adalah nilai suatu website yang diberikan oleh website lainnya dalam bentuk link.
Anda bisa bayangkan sistemnya seperti voting. Suatu website bisa dianggap terpercaya ketika ia mendapatkan banyak “voting” dari website lainnya.
Cara kerja link juice bisa diumpamakan seperti voting. Setiap link dari website lain yang mengarah ke website Anda bisa dihitung sebagai satu suara.
Ketika website dianggap terpercaya, akan lebih mudah baginya untuk naik ke ranking teratas halaman hasil pencarian. Otomatis, traffic-nya makin banyak dan kesempatan cuan pun lebih besar.
Itu mengapa memaksimalkan link juice adalah salah satu tugas penting ketika menjalankan website marketing.
Cara Kerja Link Juice
Meski kelihatannya simpel, link juice SEO punya cara kerja yang cukup kompleks. Hal ini untuk menghindari manipulasi atau praktik black hat SEO.
Jumlah link yang didapat bisa berbanding lurus dengan link juice yang didapatkan. Asalkan link tersebut masih satu niche, isinya relevan, berbentuk dofollow, dan memiliki anchor text yang sesuai.
Secara umum, semakin banyak link yang didapat suatu website maka semakin besar link juice yang didapatkan.
Namun, domain authority dan eksklusivitas link juga bisa mempengaruhi bobot link juice yang didapat website.
Website dengan nilai otoritas tinggi tentu punya bobot link juice yang lebih bagus, dibanding dengan yang otoritasnya belum seberapa.
Di sisi lain, link juice juga dianggap lebih berkualitas ketika didapat dari website yang memberikan link secara eksklusif ke suatu website.
Tag nofollow bisa digunakan untuk menghentikan link juice dari suatu website ke website lainnya.
Menariknya, konsep link juice ini bisa tidak berlaku ketika website menerapkan konfigurasi nofollow. Konfigurasi ini memang sengaja diciptakan agar bot mesin pencari tidak mengikuti link yang terpasang. Hasilnya, mesin pencari tidak menganggap website terhubung dengan link yang dimaksud.
Konfigurasi ini sejatinya dipakai untuk menghindarkan pemilik website dari kebocoran link juice. Terutama jika website Anda sudah punya otoritas yang tinggi.
Di samping itu, konfigurasi link nofollow juga membantu website Anda terhindar dari link spam. Terutama yang biasa tersemat lewat kolom komentar website.
baca juga
- Mengenalkan AI, Era Baru Digital Marketing
- Google Ungkap Tren Kampanye
- Pakar SEO Indonesia Undercover.co.id
- Update Google Search Console
- Tanda Website Bisnis Perlu Diganti
Cara Mendapatkan Link Juice
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendatangkan link value ke website Anda. Berikut penjelasannya:
Membuat Konten Berkualitas
Konten berkualitas biasanya mendatangkan link juice dengan sendirinya. Sebab, konten macam ini sering dijadikan sumber referensi untuk artikel dan pemberitaan.
Contoh konten insight berbasis penelitian yang dirilis untuk mendapatkan link juice dari website berita.
Itu mengapa tidak sedikit perusahaan yang merilis laporan riset atau membagikan ebook secara gratis. Sebab, dari situlah mereka mendapatkan link juice secara organik.
Kerja Sama / Outreach
Terkadang, Anda tidak bisa mengandalkan konten berkualitas secara mutlak untuk mendulang link value. Apalagi jika umur website Anda masih baru.
Template email outreach yang digunakan untuk menjalin kerja sama link building.
Itu mengapa ada alternatif lain, yaitu kerja sama atau outreach. Cara ini dilakukan dengan menghubungi langsung pemilik website atau blog dan memintanya untuk memberikan link ke website Anda.
Internal Linking
Di samping link value dari website lain, Anda juga bisa memaksimalkan link juice dari website Anda sendiri. Caranya dengan saling menghubungkan halaman-halaman yang ada di website.
Logikanya, halaman yang saling terhubung dengan baik akan memperkuat otoritas website Anda. Sebab, website dianggap meng-cover topik-topik pembahasan secara lengkap.
Cara kerja internal linking yang membantu Anda mendapatkan link juice. Biasanya link juice mengalir dari konten bervolume pencarian tinggi, menuju konten-konten lain yang tersambung di artikel tersebut. Biasanya konten yang disambungkan masih setopik dan punya volume pencarian lebih sedikit.
Itu mengapa, Anda juga perlu strategis ketika mengeksekusi internal link. Pastikan halaman yang terhubung memang satu topik. Jangan lupa untuk menghubungkan konten yang volume pencariannya tinggi ke yang volumenya lebih sedikit.
Link Reclamation
Cara ini dilakukan dengan memperbaiki link error 404 ke alternatif konten yang semestinya. Dengan begitu, link juice tidak mengarah ke halaman yang percuma.
Perlu dicatat, kebanyakan orang melakukan redirect error 404 secara otomatis ke beranda atau homepage. Namun, ini adalah sesuatu yang harus Anda hindari. Sebab, akan berdampak negatif ke tingkat konversi website Anda.