Cara Membuat Google Mengindeks Situs Anda

Cara Membuat Google Mengindeks Situs Anda , Tahukah Anda bahwa Google dapat mengindeks situs Anda dengan cepat? Pelajari cara memastikan bahwa Google dapat merayapi dan mengindeks situs Anda lebih cepat daripada pesaing Anda.

Jika ada satu hal di dunia SEO yang ingin dilihat oleh setiap profesional SEO, itu adalah kemampuan Google untuk merayapi dan mengindeks situs mereka dengan cepat.

Pengindeksan itu penting. Itu memenuhi banyak langkah awal untuk strategi SEO yang sukses, termasuk memastikan halaman Anda muncul di hasil pencarian Google.

Tapi, itu hanya sebagian dari cerita.

Pengindeksan hanyalah satu langkah dalam serangkaian langkah penuh yang diperlukan untuk strategi SEO yang efektif.

Langkah-langkah ini meliputi hal-hal berikut, dan dapat diringkas menjadi sekitar tiga langkah total untuk keseluruhan proses:

  • Perayapan
  • Pengindeksan.
  • Peringkat.


Meskipun bisa diringkas sejauh itu, ini bukan satu-satunya langkah yang digunakan Google. Proses sebenarnya jauh lebih rumit.

Cara Membuat Google Mengindeks Situs Anda

Jika Anda bingung, mari kita lihat beberapa definisi dari istilah-istilah tersebut terlebih dahulu.


Apa itu Perayapan, Pengindeksan, dan Pemeringkatan?


Sederhananya, itu adalah langkah-langkah dalam proses Google untuk menemukan situs web di seluruh World Wide Web dan menunjukkannya di posisi yang lebih tinggi dalam hasil pencarian mereka.

Setiap halaman yang ditemukan oleh Google melewati proses yang sama, yang mencakup perayapan, pengindeksan, dan pemeringkatan.

Pertama, Google meng-crawl halaman Anda untuk melihat apakah halaman tersebut layak disertakan dalam indeksnya.

Langkah setelah perayapan dikenal sebagai pengindeksan.

Dengan asumsi bahwa halaman Anda lulus evaluasi pertama, ini adalah langkah di mana Google mengasimilasi halaman web Anda ke dalam indeks database yang dikategorikan sendiri dari semua halaman yang tersedia yang telah dirayapi sejauh ini.

Pemeringkatan adalah langkah terakhir dalam proses.

Dan disinilah Google akan menampilkan hasil query Anda. Meskipun mungkin perlu beberapa detik untuk membaca hal di atas, Google melakukan proses ini – dalam sebagian besar kasus – dalam waktu kurang dari satu milidetik.

Terakhir, browser web melakukan proses rendering sehingga dapat menampilkan situs Anda dengan benar, memungkinkannya untuk benar-benar dirayapi dan diindeks.

Jika ada, rendering adalah proses yang sama pentingnya dengan perayapan, pengindeksan, dan pemeringkatan.

Halaman Tidak Hanya Harus Berharga, Tapi Juga Unik


Jika Anda mengalami masalah dalam membuat halaman Anda diindeks, Anda pasti ingin memastikan bahwa halaman tersebut bernilai dan unik .
Namun, jangan salah: Apa yang Anda anggap berharga belum tentu sama dengan apa yang dianggap berharga oleh Google.

Google juga tidak mungkin mengindeks halaman yang berkualitas rendah karena faktanya halaman tersebut tidak memiliki nilai bagi penggunanya.

Jika Anda telah melalui daftar periksa SEO teknis tingkat halaman, dan semuanya diperiksa (berarti halaman tersebut dapat diindeks dan tidak mengalami masalah kualitas), maka Anda harus bertanya pada diri sendiri: Apakah halaman ini benar-benar – dan maksud kami benar-benar – berharga?

Meninjau halaman menggunakan pandangan baru bisa menjadi hal yang hebat karena dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah dengan konten yang tidak akan Anda temukan. Juga, Anda mungkin menemukan hal-hal yang tidak Anda sadari telah hilang sebelumnya.

Hasil pencarian Google terus berubah – demikian juga situs web dalam hasil pencarian ini.

Sebagian besar situs web di 10 hasil teratas di Google selalu memperbarui konten mereka (setidaknya seharusnya), dan membuat perubahan pada halaman mereka.

Sangat penting untuk melacak perubahan ini dan memeriksa hasil pencarian yang berubah, sehingga Anda tahu apa yang harus diubah di lain waktu.

Memiliki tinjauan bulanan rutin Anda – atau setiap tiga bulan, tergantung pada seberapa besar situs Anda – sangat penting untuk tetap diperbarui dan memastikan bahwa konten Anda terus mengungguli pesaing.

Jika pesaing Anda menambahkan konten baru, cari tahu apa yang mereka tambahkan dan bagaimana Anda bisa mengalahkan mereka. Jika mereka membuat perubahan pada kata kunci karena alasan apa pun, cari tahu perubahan apa itu dan kalahkan mereka.

Tidak ada rencana SEO yang merupakan proposisi “atur dan lupakan” yang realistis. Anda harus siap untuk tetap berkomitmen pada penerbitan konten reguler bersama dengan pembaruan reguler untuk konten yang lebih lama .

Hapus Halaman Berkualitas Rendah Dan Buat Jadwal Penghapusan Konten Reguler

Idealnya, Anda ingin memiliki enam elemen dari setiap halaman yang dioptimalkan setiap saat:

  • Judul halaman.
  • Deskripsi meta.
  • Tautan internal.
  • Judul halaman (tag H1, H2, H3, dll.).
  • Gambar (alt gambar, judul gambar, ukuran gambar fisik, dll.).
  • markup Schema.org.

Namun, hanya karena halaman tidak dioptimalkan sepenuhnya tidak selalu berarti kualitasnya rendah. Apakah itu berkontribusi pada keseluruhan topik? Maka Anda tidak ingin menghapus halaman itu.

Merupakan kesalahan jika hanya menghapus halaman sekaligus yang tidak sesuai dengan jumlah lalu lintas minimum tertentu di Google Analytics atau Google Search Console.

Alih-alih, Anda ingin menemukan halaman yang tidak berkinerja baik dalam hal metrik apa pun di kedua platform, lalu memprioritaskan halaman mana yang akan dihapus berdasarkan relevansi dan apakah halaman tersebut berkontribusi pada topik dan otoritas Anda secara keseluruhan.

Jika tidak, maka Anda ingin menghapusnya seluruhnya. Ini akan membantu Anda menghilangkan posting pengisi dan membuat rencana keseluruhan yang lebih baik untuk menjaga situs Anda sekuat mungkin dari perspektif konten.

Pastikan File Robots.txt Anda Tidak Memblokir Perayapan


Apakah Anda menemukan bahwa Google sama sekali tidak merayapi atau mengindeks halaman apa pun di situs web Anda? Jika demikian, Anda mungkin secara tidak sengaja memblokir perayapan seluruhnya.

Ada dua tempat untuk memeriksanya: di dasbor WordPress Anda di bawah Umum > Membaca > Aktifkan perayapan, dan di file robots.txt itu sendiri.

Anda juga dapat memeriksa file robots.txt dengan menyalin alamat berikut: https://domainnameexample.com/robots.txt dan memasukkannya ke bilah alamat browser web Anda.

Periksa Untuk Memastikan Anda Tidak Memiliki Tag Noindex

Untungnya, situasi khusus ini dapat diatasi dengan melakukan pencarian dan penggantian database SQL yang relatif sederhana jika Anda menggunakan WordPress. Ini dapat membantu memastikan bahwa tag noindex ini tidak menyebabkan masalah besar di kemudian hari.

Kunci untuk memperbaiki jenis kesalahan ini, terutama pada situs web konten bervolume tinggi, adalah memastikan bahwa Anda memiliki cara untuk memperbaiki kesalahan seperti ini dengan cukup cepat – setidaknya dalam jangka waktu yang cukup cepat sehingga tidak berdampak negatif terhadap apa pun. Metrik SEO.

Pastikan Halaman Yang Tidak Diindeks Disertakan Dalam Peta Situs Anda


Jika Anda tidak menyertakan laman tersebut dalam peta situs Anda, dan laman tersebut tidak ditautkan di tempat lain di situs Anda, Anda mungkin tidak memiliki kesempatan untuk memberi tahu Google bahwa laman tersebut ada.

Misalnya, Anda memiliki situs web kesehatan besar dengan 100.000 halaman. Mungkin 25.000 halaman tidak pernah melihat indeks Google karena tidak disertakan dalam peta situs XML karena alasan apa pun.

Itu angka yang besar.

Alih-alih, Anda harus memastikan bahwa sisa dari 25.000 halaman ini disertakan dalam peta situs Anda karena dapat menambah nilai signifikan pada situs Anda secara keseluruhan.

Meskipun tidak berkinerja baik, jika halaman ini terkait erat dengan topik Anda dan ditulis dengan baik (dan berkualitas tinggi), halaman tersebut akan menambah otoritas.

Plus, bisa juga tautan internal menjauh dari Anda, terutama jika Anda tidak secara terprogram menjaga indeksasi ini melalui cara lain.

Menambahkan halaman yang tidak diindeks ke peta situs Anda dapat membantu memastikan bahwa semua halaman Anda ditemukan dengan benar, dan bahwa Anda tidak memiliki masalah signifikan dengan pengindeksan (mencoret item daftar periksa lain untuk SEO teknis

baca juga

    Perbaiki Semua Tautan Internal Nofollow


    Percaya atau tidak, nofollow secara harfiah berarti Google tidak akan mengikuti atau mengindeks tautan tersebut. Jika Anda memiliki banyak dari mereka, maka Anda menghambat pengindeksan halaman situs Anda oleh Google.

    Faktanya, sangat sedikit situasi di mana Anda tidak boleh mengikuti tautan internal. Menambahkan nofollow ke tautan internal Anda adalah sesuatu yang harus Anda lakukan hanya jika benar-benar diperlukan.

    Ketika Anda memikirkannya, sebagai pemilik situs, Anda memiliki kendali atas tautan internal Anda. Mengapa Anda tidak mengikuti tautan internal kecuali itu adalah halaman di situs Anda yang tidak ingin dilihat pengunjung?

    Karena nofollow ini, Anda memberi tahu Google untuk tidak benar-benar mempercayai tautan khusus ini.

    Lebih banyak petunjuk tentang mengapa tautan ini bukan tautan internal berkualitas berasal dari bagaimana Google saat ini memperlakukan tautan nofollow.

    Anda lihat, untuk waktu yang lama, ada satu jenis tautan nofollow, hingga baru-baru ini Google mengubah aturan dan bagaimana tautan nofollow diklasifikasikan.

    Dengan aturan nofollow yang lebih baru, Google telah menambahkan klasifikasi baru untuk berbagai jenis tautan nofollow.

    Klasifikasi baru ini mencakup konten buatan pengguna (UGC), dan iklan bersponsor (ads).

    Pokoknya, dengan klasifikasi nofollow baru ini, jika Anda tidak memasukkannya, ini sebenarnya bisa menjadi sinyal kualitas yang digunakan Google untuk menilai apakah halaman Anda harus diindeks atau tidak.

    Anda mungkin juga berencana memasukkannya jika Anda melakukan iklan berat atau UGC seperti komentar blog.

    Dan karena komentar blog cenderung menghasilkan banyak spam otomatis, inilah saat yang tepat untuk menandai tautan nofollow ini dengan benar di situs Anda

    Pastikan Anda Menambahkan Tautan Internal yang Kuat


    Ada perbedaan antara internal link run-of-the-mill dan internal link yang “kuat” .

    Tautan internal run-of-the-mill hanyalah tautan internal. Menambahkan banyak dari mereka mungkin – atau mungkin tidak – berbuat banyak untuk peringkat halaman target Anda.

    Tapi, bagaimana jika Anda menambahkan link dari halaman yang memiliki backlink yang memiliki nilai lulus? Bahkan lebih baik!

    Bagaimana jika Anda menambahkan tautan dari halaman yang lebih kuat yang sudah berharga?

    Begitulah cara Anda ingin menambahkan tautan internal.

    Mengapa tautan internal sangat bagus untuk alasan SEO? Karena hal-hal berikut:

    • Mereka membantu pengguna untuk menavigasi situs Anda.
    • Mereka melewati otoritas dari halaman lain yang memiliki otoritas kuat.
    • Mereka juga membantu menentukan arsitektur situs web secara keseluruhan.
    • Sebelum menambahkan tautan internal secara acak, Anda ingin memastikan bahwa tautan tersebut kuat dan memiliki nilai yang cukup sehingga dapat membantu halaman target bersaing dalam hasil mesin pencari.

    Kirim Halaman Anda ke Google Search Console


    Jika Anda masih mengalami masalah dengan Google mengindeks halaman Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengirimkan situs Anda ke Google Search Console segera setelah Anda menekan tombol terbitkan.

    Melakukan hal ini akan memberi tahu Google tentang halaman Anda dengan cepat, dan ini akan membantu Anda membuat halaman Anda diperhatikan oleh Google lebih cepat daripada metode lainnya.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Scroll to Top