undercover.co.id – 12 Alasan Mengapa Website Anda Memiliki Bounce Rate yang Tinggi , Apakah situs web Anda memiliki rasio pentalan yang tinggi? Kabar baiknya: hal itu bisa diperbaiki. Temukan apa yang menyebabkan rasio pentalan tinggi dan cara mengurangi rasio pentalan Anda.
Halaman dengan rasio pentalan tinggi bisa membuat frustasi – tetapi rasio pentalan bisa menjadi alat yang berguna.
Rasio pentalan yang tinggi di GA4 tidak selalu berarti situs web atau halaman Anda berkinerja buruk. GA4 perlu dikonfigurasi dengan benar untuk melacak rasio pentalan secara akurat.
Jika Anda baru belajar tentang bounce rate, saya sangat menyarankan untuk membaca panduan ini terlebih dahulu.
Rasio pentalan yang tinggi dapat membantu Anda menemukan masalah kegunaan atau konten di situs web Anda. Memperbaiki masalah ini bisa sangat bagus untuk upaya SEO Anda secara keseluruhan (meskipun rasio pentalan itu sendiri tidak secara langsung berdampak pada SEO).
Mendiagnosis penyebab rasio pentalan yang tinggi dan memperbaikinya bisa jadi sulit.
Dan meskipun rasio pentalan yang tinggi masuk akal untuk beberapa halaman (seperti yang akan kita bahas di bawah), Anda tidak ingin rasio pentalan yang terlalu tinggi, terutama pada halaman yang disebut sebagai halaman “uang”.
Penjelasan yang Mungkin Untuk Rasio Pentalan Tinggi
Di bawah ini adalah 12 penyebab umum rasio pentalan tinggi, diikuti dengan enam cara untuk memperbaikinya.
- Halaman yang Lambat Dimuat
Google memperkenalkan metrik Core Web Vitals baru yang disebut “Interaction to Next Paint,” yang memperbarui fokus pada kecepatan situs.
Halaman yang lambat dimuat dapat menjadi masalah besar bagi rasio pentalan.
Kecepatan situs adalah bagian dari algoritma peringkat Google. Selalu begitu.
Google ingin mempromosikan konten yang memberikan pengalaman positif bagi pengguna, dan Google menyadari bahwa situs yang lambat dapat memberikan pengalaman yang buruk.
Pengguna menginginkan fakta dengan cepat, yang merupakan salah satu alasan mengapa Google menginvestasikan begitu banyak waktu dan tenaga untuk cuplikan unggulan dan “Ikhtisar AI”.
Jika halaman Anda membutuhkan waktu lebih dari 2,5 detik untuk dimuat, pengunjung Anda mungkin akan merasa muak dan pergi.
Memperbaiki kecepatan situs adalah perjalanan seumur hidup bagi sebagian besar ahli SEO dan pemasaran.
Tetapi sisi baiknya adalah bahwa dengan setiap perbaikan tambahan, Anda akan melihat peningkatan tambahan dalam kecepatan.
Tinjau kecepatan halaman Anda (secara keseluruhan dan untuk setiap halaman) menggunakan alat seperti:
- Google PageSpeed Insights.
- Laporan Lighthouse.
- Pingdom.
- GTmetrix.
Mereka akan menawarkan rekomendasi khusus untuk situs Anda, seperti mengompresi gambar, mengurangi skrip pihak ketiga, dan memanfaatkan cache peramban.
- Konten yang Cukup Mandiri
Terkadang, konten Anda cukup efisien sehingga orang dapat dengan cepat mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan kembali lagi!
Ini bisa menjadi hal yang luar biasa.
Mungkin Anda telah mencapai impian pemasar konten dan menciptakan konten yang luar biasa yang sepenuhnya dikonsumsi mereka selama beberapa menit dalam hidup mereka.
Atau mungkin Anda memiliki halaman arahan yang hanya mengharuskan pengguna untuk mengisi formulir arahan singkat.
Untuk menentukan apakah rasio pentalan Anda tidak perlu dikhawatirkan, Anda perlu melihat metrik Waktu yang Dihabiskan untuk Halaman dan Durasi Sesi Rata-Rata di Google Analytics.
Anda juga dapat melakukan pengujian pengalaman pengguna dan pengujian A/B untuk melihat apakah rasio pentalan yang tinggi merupakan masalah.
Jika pengguna menghabiskan beberapa menit atau lebih di halaman tersebut, ini mengirimkan sinyal positif ke Google bahwa mereka menemukan halaman Anda sangat relevan dengan kueri penelusuran mereka.
Jika Anda ingin mendapatkan peringkat untuk kueri penelusuran tertentu, maksud pengguna semacam itu adalah emas.
Jika pengguna menghabiskan waktu kurang dari satu menit di halaman (yang mungkin terjadi pada halaman arahan yang dioptimalkan dengan benar dengan formulir CTA yang cepat), pertimbangkan untuk menarik pembaca agar membaca beberapa posting blog terkait setelah mengisi formulir atau menonton video yang terkait dengan kampanye.
Catatan: Di GA4, jika Anda menyiapkan pemutaran video sebagai ‘peristiwa utama’, jenis sesi ini tidak akan dihitung sebagai bouncing, tetapi sebagai “terlibat”.
- Kontribusi yang Tidak Proporsional Oleh Beberapa Halaman
Jika kita mengembangkan contoh dari bagian sebelumnya, Anda mungkin memiliki beberapa halaman di situs Anda yang berkontribusi secara tidak proporsional terhadap rasio pentalan keseluruhan.
Untungnya, Google cukup paham untuk mengenali perbedaan di antara keduanya.
Jika halaman arahan CTA tunggal Anda cukup memuaskan maksud pengguna dan menyebabkan mereka memantul dengan cepat setelah melakukan tindakan, tetapi halaman konten Anda yang lebih panjang memiliki rasio pentalan yang lebih rendah, Anda mungkin siap melakukannya.
Namun, Anda perlu menggali dan mengonfirmasi bahwa ini adalah masalahnya atau menemukan apakah beberapa halaman dengan rasio pentalan yang lebih tinggi seharusnya tidak menyebabkan pengguna pergi secara massal.
Buka Google Analytics. Buka Perilaku > Konten Situs > Halaman Arahan, dan urutkan berdasarkan Rasio Pentalan.
Pertimbangkan untuk menambahkan filter lanjutan untuk menghapus halaman yang mungkin mempengaruhi hasil.
Aturan praktis saya adalah menentukan ambang batas minimum volume yang signifikan untuk halaman tersebut.
Pilih yang masuk akal untuk situs Anda, entah itu 100 kunjungan atau 1.000 kunjungan, lalu klik Lanjutan dan filter untuk sesi yang lebih besar dari itu.
Buka laporan ‘Eksplorasi’ dan pilih metrik ‘Rasio Pentalan’ dan ‘Sesi’ serta Dimensi sebagai ‘Halaman Arahan’.
Filter berdasarkan sesi, bukan 100 (atau mungkin 50 untuk proyek spesifik Anda) untuk menghapus halaman dengan kunjungan yang lebih sedikit.
- Tag Judul Dan/Atau Deskripsi Meta yang Menyesatkan
Tanyakan pada diri Anda sendiri: Apakah tag judul dan deskripsi meta Anda secara akurat meringkas konten halaman Anda?
Jika tidak, pengunjung mungkin masuk ke situs Anda dan mengira bahwa konten Anda membahas satu hal, hanya untuk menemukan bahwa konten Anda tidak membahas hal tersebut, lalu kembali ke tempat asal mereka.
Entah itu kesalahan yang tidak disengaja atau Anda mencoba mempermainkan sistem dengan mengoptimalkan kata kunci clickbait (memalukan!), untungnya hal ini cukup mudah untuk diperbaiki.
Tinjau kembali konten halaman Anda dan sesuaikan tag judul dan deskripsi meta yang sesuai.
Atau, tulis ulang konten untuk menjawab kueri penelusuran yang Anda inginkan untuk menarik pengunjung.
Anda juga dapat memeriksa jenis deskripsi meta yang dibuat otomatis oleh Google untuk halaman Anda untuk penelusuran umum – Google dapat mengubah deskripsi meta Anda, dan jika mereka memperburuknya, Anda dapat mengambil langkah untuk memperbaikinya.
baca juga
- SEO = Branding + Web Tech
- Daftar Industri Bisnis Yang Menggunakan SEO
- Social Signals: Pengaruh Media Sosial terhadap SEO Website
- Google Answer Box
- SEO vs Iklan Berbayar: Mana yang Lebih Worth It?
- Halaman Kosong Atau Kesalahan Teknis
Jika rasio pentalan Anda sangat tinggi dan Anda melihat bahwa orang-orang menghabiskan waktu kurang dari beberapa detik di halaman, kemungkinan halaman Anda kosong, mengembalikan 404, atau tidak dimuat dengan benar.
Lihatlah halaman tersebut dari browser dan konfigurasi perangkat yang paling populer bagi audiens Anda (misalnya, Safari di desktop dan seluler, Chrome di seluler, dll.) untuk meniru pengalaman mereka.
Anda juga dapat memeriksa di Search Console di bawah Cakupan untuk mengetahui masalah ini dari sudut pandang Google.
Perbaiki sendiri masalah tersebut atau bicarakan dengan orang yang bisa – masalah seperti ini dapat menyebabkan Google menghapus halaman Anda dari hasil penelusuran dengan cepat.
- Tautan Buruk dari Situs Web Lain
Anda mungkin telah melakukan segalanya dengan sempurna di pihak Anda untuk mencapai rasio pentalan normal atau rendah dari hasil penelusuran organik, dan masih memiliki rasio pentalan tinggi dari lalu lintas rujukan Anda.
Situs perujuk bisa jadi mengirimkan pengunjung yang tidak memenuhi syarat atau teks anchor dan konteks tautan bisa jadi menyesatkan.
Terkadang, hal ini disebabkan oleh copywriting yang ceroboh.
Penulis atau penerbit menautkan ke situs Anda di bagian yang salah atau tidak bermaksud menautkan ke situs Anda sama sekali.
Hubungi penulis artikel terlebih dahulu.
Jika mereka tidak merespons atau mereka tidak dapat memperbarui artikel setelah diterbitkan, maka Anda dapat meneruskan masalah ini ke editor atau webmaster situs.
Mintalah dengan sopan kepada mereka untuk menghapus tautan ke situs Anda – atau perbarui konteksnya, mana saja yang masuk akal.
(Tips: Anda dapat dengan mudah menemukan informasi kontak mereka dengan panduan ini).
Sayangnya, situs web yang merujuk mungkin mencoba menyabotase Anda dengan beberapa taktik SEO negatif karena dendam atau hanya untuk bersenang-senang.
Sebagai contoh, mereka mungkin telah menautkan ke “Panduan Mengadopsi Anak Anjing” Anda dengan teks anchor dari SKEMA CEPAT KAYA GRATIS.
Untuk mengatasi masalah itu, Anda perlu mengecualikan lalu lintas dari sumber spam tersebut.
- Halaman Arahan Afiliasi Atau Situs Halaman Tunggal
Jika Anda seorang afiliasi, inti dari halaman Anda mungkin adalah dengan sengaja mengarahkan orang dari situs web Anda ke situs pedagang.
Dalam hal ini, Anda melakukan pekerjaan dengan benar jika halaman tersebut memiliki rasio pentalan yang lebih tinggi.
Skenario yang serupa adalah jika Anda memiliki situs web satu halaman, seperti halaman arahan untuk ebook atau situs portofolio sederhana.
Biasanya situs seperti ini memiliki rasio pentalan yang sangat tinggi karena tidak ada tempat lain untuk dituju.
Ingatlah bahwa Google biasanya dapat mengetahui ketika sebuah situs web melakukan pekerjaan yang baik untuk memuaskan keinginan pengguna meskipun pertanyaan pengguna dijawab dengan cepat (situs-situs seperti WhatIsMyScreenResolution.org muncul di benak Anda).
Jika Anda telah mengaturnya agar klik pada tautan afiliasi Anda dianggap sebagai peristiwa konversi, jenis sesi ini tidak akan dihitung sebagai pentalan, melainkan sebagai “terlibat.”
- Konten Berkualitas Rendah atau Kurang Dioptimalkan
Pengunjung mungkin memantul dari situs web Anda karena konten Anda sangat buruk.
Perhatikan baik-baik halaman Anda dan mintalah kolega atau teman Anda yang paling jujur dan paling bisa menilai untuk memeriksanya.
(Idealnya, orang ini memiliki latar belakang dalam pemasaran konten atau copywriting. Poin bonus jika mereka adalah bagian dari audiens target Anda).
Salah satu kemungkinannya adalah bahwa konten Anda bagus, tetapi Anda belum mengoptimalkannya untuk pembacaan online – atau audiens yang Anda targetkan.
- Apakah Anda menulis dengan kalimat yang sederhana (bayangkan siswa sekolah menengah versus PhD)?
- Apakah mudah dipindai dengan banyak tag header?
- Apakah tulisan tersebut menjawab pertanyaan dengan jelas?
- Apakah Anda sudah menyertakan gambar untuk memecah tulisan dan membuatnya enak dilihat?
- Menulis untuk web berbeda dengan menulis untuk publikasi offline.
Asah kemampuan copywriting online Anda untuk meningkatkan waktu yang dihabiskan orang untuk membaca konten Anda.
Kemungkinan lainnya adalah konten Anda ditulis dengan buruk secara keseluruhan atau bukan sesuatu yang penting bagi audiens Anda.
Pertimbangkan untuk menyewa copywriter lepas (seperti saya!) atau ahli strategi konten yang dapat membantu Anda mengubah ide Anda menjadi konten yang kuat dan dapat dikonversi.
- UX yang buruk atau menjengkelkan
Apakah Anda membombardir orang dengan iklan, survei pop-up, dan tombol berlangganan email?
Fitur-fitur yang penuh dengan CTA seperti ini mungkin sangat menarik bagi tim pemasaran dan penjualan, tetapi menggunakan terlalu banyak bisa membuat pengunjung lari menjauh.
Core Web Vitals Google adalah tentang pengalaman pengguna – tidak hanya faktor peringkat, tetapi juga berdampak pada kebahagiaan pengunjung situs Anda.
Apakah situs Anda membingungkan untuk dijelajahi?
Mungkin pengunjung Anda ingin menjelajah lebih jauh, tetapi blog Anda tidak memiliki kotak pencarian, atau item menu sulit diklik di ponsel pintar.
Sebagai pemasar online, kami tahu situs web kami luar dalam.
Kita mudah lupa bahwa apa yang tampak intuitif bagi kita sama sekali tidak intuitif bagi audiens kita.
Pastikan Anda menghindari kesalahan desain yang umum terjadi, dan mintalah desainer web atau UX untuk meninjau situs dan memberi tahu Anda jika ada sesuatu yang menurut mereka bermasalah.
- Halaman Tidak Ramah Seluler
Meskipun para ahli SEO tahu bahwa memiliki situs web yang ramah seluler itu penting, praktiknya tidak selalu diikuti di dunia nyata.
Google mengumumkan peralihannya ke pengindeksan mobile-first pada tahun 2017, tetapi banyak situs web saat ini masih belum dianggap ramah seluler.
Situs web yang belum dioptimalkan untuk seluler tidak terlihat bagus di perangkat seluler – dan juga tidak dimuat dengan cepat.
Itu adalah resep untuk rasio pentalan yang tinggi.
Meskipun situs web Anda diimplementasikan menggunakan prinsip-prinsip desain responsif, masih ada kemungkinan bahwa halaman langsung tidak terbaca ramah seluler bagi pengguna.
Terkadang, ketika sebuah halaman dipadatkan ke dalam format seluler, hal ini menyebabkan beberapa informasi penting berpindah ke bawah lipatan.
Sekarang, alih-alih melihat judul yang sesuai dengan apa yang mereka lihat di pencarian, pengguna seluler hanya melihat menu navigasi situs Anda.
Dengan asumsi halaman tersebut tidak menawarkan apa yang mereka butuhkan, mereka akan kembali ke Google.
Jika Anda melihat halaman dengan rasio pentalan tinggi dan tidak ada masalah mencolok yang langsung muncul, ujilah di ponsel Anda.
Anda juga dapat memeriksa masalah seluler di Google Search Console dan Lighthouse.
- Kedalaman Konten
Google dapat memberikan jawaban cepat kepada orang-orang melalui cuplikan fitur dan panel pengetahuan.
Tetapi hanya Anda yang dapat memberikan konten yang mendalam, menarik, dan saling berhubungan yang selangkah lebih maju dari itu.
Pastikan konten Anda mendorong orang untuk mengklik untuk menjelajahi halaman lain di situs Anda jika itu masuk akal.
Sediakan tautan internal yang menarik dan relevan, dan berikan mereka alasan untuk tetap tinggal.
Dan untuk pengunjung yang menginginkan jawaban cepat, berikan ringkasan TL;DR di bagian atas.
- Meminta Terlalu Banyak
Jangan langsung menanyakan nomor kartu kredit, nomor jaminan sosial, uang pensiun nenek, atau nama anak seseorang (atau bahkan nama-nama anak, dalam beberapa contoh di atas).
Pengguna Anda belum mempercayai Anda!
Orang-orang siap untuk curiga ketika mereka mengklik sebuah situs web baru, mengingat banyaknya situs web penipuan di luar sana.
Disajikan dengan pop-up besar yang meminta informasi akan menyebabkan banyak orang langsung meninggalkan situs web tersebut.
Tugas Anda adalah membangun kepercayaan dengan pengunjung Anda.
Lakukanlah, dan Anda berdua akan lebih bahagia. Pengunjung Anda akan merasa bahwa mereka dapat mempercayai Anda, dan Anda akan memiliki rasio pentalan yang lebih rendah.
Apa pun itu, jika itu membuat pengguna senang, Google menyukainya.
Kiat Untuk Mengurangi Rasio Pentalan Anda
Apa pun alasan di balik rasio pentalan tinggi Anda, berikut ini adalah rangkuman praktik terbaik yang bisa Anda terapkan untuk menurunkannya.
- Perbaiki Tag Judul dan Deskripsi Meta Anda
Dalam beberapa kasus, halaman Anda mungkin luar biasa. Anda mungkin memiliki desain halaman yang sempurna yang dipenuhi dengan semua elemen yang dicari oleh pengunjung.
Mungkin itu adalah panduan cara komprehensif yang ditulis dengan baik, tertata rapi, dan diakali dengan foto ilustrasi (bahkan mungkin video) dan tautan ke sumber daya lain yang relevan di situs Anda.
Atau, untuk halaman e-niaga, Anda memiliki deskripsi produk yang menarik, foto-foto dari pelanggan dan tim pemasaran Anda, ulasan pengguna, Tanya Jawab, dan korsel produk terkait.
Satu-satunya hal yang merugikan Anda adalah tag judul dan/atau deskripsi meta yang tidak cocok.
Dalam kasus ini, daftar tugas Anda singkat dan manis. Cukup tulis ulang meta tag Anda sehingga sesuai dengan apa yang ada di halaman. Huzzah!
- Pastikan Konten Anda Sesuai dengan Hype
Dalam kasus lain, tag judul dan deskripsi meta Anda terlalu menjual konten Anda.
Dalam situasi seperti ini, Anda perlu mengerjakan ulang konten Anda untuk memastikan konten tersebut sesuai dengan apa pun yang Anda iklankan di halaman hasil mesin pencari (SERP).
Jangan menyebut halaman Anda sebagai “panduan utama” jika hanya berupa tulisan singkat dengan tiga tips.
Jangan mengklaim sebagai vakum “terbaik” jika ulasan pengguna Anda menunjukkan peringkat bintang tiga.
Anda sudah paham.
Selain itu, buatlah konten Anda dapat dibaca oleh:
- Memecah teks Anda dengan banyak spasi kosong.
- Menambahkan gambar pendukung.
- Menulis dalam kalimat pendek.
- Menggunakan desain yang bagus dan bersih.
- Tidak membombardir pengunjung dengan terlalu banyak iklan.
- Ingat: pemeriksa ejaan adalah teman Anda!
- Simpan Elemen Penting di Atas Lipatan
Terkadang, konten Anda sesuai dengan apa yang Anda iklankan di tag judul dan deskripsi meta. Hanya saja pengunjung Anda tidak dapat mengetahui pada pandangan pertama.
Ketika orang tiba di sebuah situs web, mereka langsung memberikan kesan pertama.
Anda ingin kesan pertama tersebut memvalidasi apa pun yang mereka pikir akan mereka lihat saat mereka tiba.
H1 yang menonjol harus sesuai dengan judul yang mereka baca di Google.
Jika ini adalah situs e-niaga, foto harus sesuai dengan deskripsi produk yang mereka lihat di Google.
Selain itu, pastikan pop-up atau iklan tidak mengaburkan elemen-elemen ini.
- Minimalkan Elemen yang Tidak Penting
Jangan membombardir pengunjung Anda dengan iklan pop-up, promosi in-line, dan konten lain yang tidak mereka pedulikan.
Visual yang membanjiri dapat menyebabkan pengunjung untuk meninggalkan situs Anda.
CTA apa yang paling penting untuk halaman tersebut? Soroti dengan menarik.
Untuk yang lainnya, limpahkan ke bilah sisi atau footer.
Edit, edit, edit!
- Bantu Orang Mencapai Tempat yang Mereka Inginkan dengan Lebih Cepat
Ingin mendorong orang untuk menjelajahi lebih banyak situs Anda?
Buatlah mudah bagi mereka.
Manfaatkan penelusuran di tempat dengan penelusuran prediktif, filter yang membantu, dan halaman “tidak ditemukan hasil” yang dioptimalkan.
Rancang ulang menu navigasi Anda dan uji A/B untuk mengetahui pengaruh menu tarik-turun yang rumit vs. menu tarik-turun yang sederhana terhadap rasio pentalan.
Pada artikel panjang Anda, sertakan daftar isi dengan tautan jangkar yang membawa pembaca langsung ke bagian yang ingin mereka baca.
- Jika Ragu, Lakukan Pengujian
Anda mungkin tidak tahu perubahan apa yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki rasio pentalan Anda.
Coba tebak? Tidak apa-apa.
Gunakan pengujian A/B dan multivariat untuk membantu Anda.
Anda bisa bereksperimen dengan berbagai pembaruan untuk melihat respons audiens Anda. Uji berbagai judul, tajuk, konten, gambar, tata letak, dan desain.
Kesimpulan
Ingat: Rasio pentalan hanyalah salah satu metrik dari sekian banyak metrik SEO yang bisa Anda pantau.
Saya mulai lelah hanya dengan memikirkannya!
Untungnya, Google Analytics hadir untuk membantu Anda tetap berada di jalur yang benar.
Berapa pun rasio pentalan Anda, semuanya bisa diperbaiki.
Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkannya ke kisaran yang lebih normal sambil meningkatkan pengalaman bagi pengguna Anda.
Jadi, luangkan waktu hari ini untuk mengoptimalkan situs web Anda.
Tinjau rasio pentalan Anda untuk beberapa halaman utama, dan pertimbangkan taktik mana di atas yang akan membantu mendorongnya ke arah yang benar.