Cara Kerja Mesin Pencari

undercover.co.id – Cara Kerja Mesin Pencari Ingin mengoptimalkan situs Anda dengan cara yang benar dan mempersiapkan diri untuk sukses? Maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana mesin pencari beroperasi saat ini.

Mesin pencari adalah faktor penting dalam kehidupan sehari-hari. Dari resep hingga berita, dari gambar hingga video, kami menggunakan mesin pencari seperti Google untuk membantu kami dengan informasi. Tapi apa sebenarnya mesin pencari itu? Bagaimana mereka bekerja? Apa sebenarnya proses pencarian informasi?

Mesin pencari harus meninjau jutaan halaman web untuk memberikan informasi yang paling berguna untuk setiap permintaan pencarian. Mereka kemudian harus memutuskan bagaimana mengatur informasi itu dan menyajikannya kepada pengguna pencarian.

Google dan mesin pencari lainnya memprioritaskan pengalaman pengguna pencarian mereka di atas apa pun. Oleh karena itu, tujuan mereka adalah memberikan hasil terbaik untuk setiap kueri.

Jadi untuk pengguna pencarian, itu sederhana. Mereka memasukkan kueri mereka, dan mesin pencari melihat indeks halaman web mereka untuk menemukan kecocokan terbaik.

Kecocokan tersebut kemudian diberi peringkat oleh algoritme dan ditampilkan di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Untuk pemasar, mesin pencari adalah alat untuk melihat konten atau produk Anda. Tapi bagaimana Anda bisa mengoptimalkan situs Anda untuk mengaturnya agar sukses? Apa perbedaan antara perayapan, pengindeksan, dan peringkat, dan mengapa Anda perlu tahu?

Google dan mesin pencari lainnya bekerja menggunakan berbagai elemen yang berbeda. Pertama, mereka menggunakan perayap web untuk merayapi halaman guna mendapatkan data. Selanjutnya, mereka mengindeksnya untuk diambil dalam kueri penelusuran di masa mendatang.

Pada akhirnya, mereka memberi peringkat pada konten yang diindeks berdasarkan berbagai faktor. Faktor-faktor ini adalah bagian dari algoritma untuk menentukan hasil apa yang relevan dan hasil mana yang berkualitas.

Seiring waktu, mesin pencari menjadi lebih rumit. Mereka dapat menjawab pertanyaan langsung di halaman hasil mesin pencari, memunculkan berbagai jenis konten, dan bahkan mengubah SERP untuk mencerminkan kueri.

Mereka juga telah mampu memahami situs web yang lebih beragam. Semua ini telah menciptakan ekosistem mesin penjawab yang berubah setiap hari.

Google menjalankan lebih dari 600.000 eksperimen untuk menyempurnakan algoritme Penelusuran. Eksperimen lalu lintas langsung memungkinkan Google menguji fitur penelusuran baru sebelum diluncurkan secara global.

Memahami cara kerja algoritme dan fitur ini sangat penting untuk memastikan konten Anda terlihat di Google. Ini juga akan membantu Anda memahami hasil yang Anda lihat saat melakukan pencarian sendiri.

Cara Kerja Mesin Pencari , topik sebagai berikut:

  • Apa itu crawler mesin pencari? Bagaimana mesin pencari menggunakan crawler?
  • Bagaimana crawler menemukan dan mengindeks halaman baru?
  • Apa itu rendering, dan mengapa penting untuk mencari?
  • Apa itu algoritma pencarian, dan bagaimana mereka berperan dalam pencarian?
  • Apa yang perlu Anda ketahui tentang peringkat? Bagaimana algoritma mengukur faktor-faktor seperti kualitas dan relevansi?
  • Bagaimana mesin pencari menjawab pertanyaan?

Pengindeksan


Pengindeksan adalah tempat semuanya dimulai.

Untuk yang belum tahu, pengindeksan pada dasarnya mengacu pada penambahan konten halaman web ke Google.

Saat Anda membuat halaman baru di situs Anda, ada beberapa cara untuk mengindeksnya.

Metode paling sederhana untuk membuat halaman diindeks adalah sama sekali tidak melakukan apa pun.

Google memiliki perayap yang mengikuti tautan dan dengan demikian, asalkan situs Anda sudah ada dalam indeks dan bahwa konten baru ditautkan dari dalam situs Anda, Google pada akhirnya akan menemukannya dan menambahkannya ke indeksnya. Lebih lanjut tentang ini nanti.

Tetapi bagaimana jika Anda ingin Googlebot membuka halaman Anda lebih cepat?

Ini bisa menjadi penting jika Anda memiliki konten yang tepat waktu atau jika Anda telah membuat perubahan penting pada halaman yang perlu diketahui Google.

Salah satu alasan utama saya menggunakan metode yang lebih cepat adalah ketika saya telah mengoptimalkan halaman kritis atau saya telah menyesuaikan judul dan/atau deskripsi untuk meningkatkan klik-tayang dan ingin tahu secara spesifik kapan mereka diambil dan ditampilkan di SERPs untuk mengetahui di mana pengukuran peningkatan dimulai.

Dalam hal ini, ada beberapa metode tambahan yang dapat Anda gunakan:

Peta situs XML, Selalu ada peta situs XML .

Pada dasarnya, ini adalah peta situs yang dikirimkan ke Google melalui Search Console .

Peta situs XML memberi mesin pencari daftar semua halaman di situs Anda, serta detail tambahan tentangnya, seperti kapan terakhir diubah.

Pasti direkomendasikan!

Tetapi ketika Anda membutuhkan halaman yang segera diindeks, itu tidak terlalu dapat diandalkan.

Permintaan Pengindeksan , Di Search Console, Anda dapat “Meminta Pengindeksan”.

Anda mulai dengan mengklik bidang pencarian teratas yang secara default berbunyi, “Periksa dan URL di domain.com”

Masukkan URL yang ingin diindeks, lalu tekan Enter.

Jika halaman tersebut sudah dikenal oleh Google, Anda akan disajikan dengan banyak informasi tentangnya. Kami tidak akan membahasnya di sini, tetapi saya sarankan untuk masuk dan melihat apa yang ada di sana jika Anda belum melakukannya.

Tombol penting, untuk tujuan kami di sini, muncul apakah halaman telah diindeks atau tidak – artinya itu bagus untuk penemuan konten atau hanya meminta Google untuk memahami perubahan terbaru

Anda akan menemukan tombol…

Pengindeksan permintaan GSC

Dalam beberapa detik hingga beberapa menit, Anda dapat mencari konten atau URL baru di Google dan menemukan perubahan atau konten baru yang diambil.

  1. Host Konten Anda Di Google , Crawling situs untuk mengindeksnya adalah proses yang memakan waktu dan sumber daya.

Salah satu alternatifnya adalah meng-host konten Anda langsung dengan mereka.

Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara berbeda tetapi kebanyakan dari kita (termasuk saya sendiri) belum mengadopsi teknologi atau pendekatan yang diperlukan dan Google belum mendorong kita untuk menerapkannya.

Kami melihat kemampuan untuk memberi Google akses langsung ke konten kami melalui umpan XML, API, dll. dan mencabut konten kami dari desain kami.

baca juga

Dan Bing, Juga! , Agar konten Anda diindeks dan/atau diperbarui dengan cepat oleh Bing, Anda memerlukan akun Alat Webmaster Bing.

Jika Anda tidak memilikinya, saya tidak bisa merekomendasikannya dengan cukup. Info yang disediakan di dalamnya sangat penting dan akan membantu Anda menilai area masalah dengan lebih baik dan meningkatkan peringkat Anda di Bing, Google, dan di mana pun – dan mungkin juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Tetapi untuk mengindeks konten Anda, Anda hanya perlu mengklik: Konfigurasikan Situs Saya > Kirim URL

Dari sana Anda memasukkan URL yang ingin Anda indeks dan klik “Kirim”.

bing-webmaster-kirim-url

Jadi – itu hampir semua yang perlu Anda ketahui tentang pengindeksan dan bagaimana mesin pencari melakukannya (dengan memperhatikan ke mana arahnya).

Anggaran Perayapan


Kami tidak dapat berbicara tentang pengindeksan tanpa berbicara tentang anggaran perayapan .

Pada dasarnya, anggaran perayapan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah sumber daya yang akan dikeluarkan Google untuk merayapi situs web.

Anggaran yang ditetapkan didasarkan pada kombinasi faktor, dua faktor utama adalah:

  • Seberapa cepat server Anda (yaitu, seberapa banyak Google dapat merayapi tanpa menurunkan pengalaman pengguna Anda).
  • Seberapa penting situs Anda.


Jika Anda menjalankan situs berita utama dengan konten yang terus diperbarui, pengguna mesin telusur ingin mengetahui bahwa situs Anda akan sering dirayapi (berani saya katakan … terus-menerus).

Jika Anda menjalankan tempat pangkas rambut kecil, memiliki beberapa lusin tautan, dan dianggap tidak penting dalam konteks ini (Anda mungkin seorang tukang cukur penting di area tersebut tetapi Anda tidak penting dalam hal anggaran) maka anggaran akan di bawah.

Cara Kerja Algoritma Mesin Pencari: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Apa Itu Algoritma?


Jika Anda bertanya kepada Google apa itu algoritme, Anda akan menemukan bahwa mesin itu sendiri (dan hampir semua orang lainnya) mendefinisikannya sebagai “suatu proses atau serangkaian aturan yang harus diikuti dalam penghitungan atau operasi pemecahan masalah lainnya, terutama oleh komputer. .”

Jika Anda mengambil sesuatu dari definisi ini, penting untuk memahami apa yang tidak ada dalam konteks kita di sini.

Algoritma bukanlah rumus.

Untuk membungkus kepala kita di sekitar perbedaan, mengapa itu penting, dan apa yang masing-masing lakukan, mari kita pertimbangkan sejenak makanan yang mungkin saya tempatkan di piring makan malam saya.

Sebuah Algoritma dari Algoritma
Apa persamaan algoritma pencarian dan meja makan?

Lebih banyak dari yang Anda pikirkan.

Mari kita lihat beberapa karakteristik inti dari sebuah situs web untuk perbandingan. (“Sedikit” berarti tidak ada yang mendekati segalanya. Seperti bahkan tidak dekat.)

  • URL
  • Isi
  • Tautan internal
  • Tautan eksternal
  • Gambar-gambar
  • Kecepatan


Mungkin lebih baik jika kita menganggapnya bukan sebagai algoritma , tetapi sebagai algoritma .

Penting juga untuk diingat bahwa, meskipun ada banyak algoritme dan rumus yang tak terhitung jumlahnya, masih ada algoritme.

Tugasnya adalah menentukan bagaimana orang lain ini dibobot untuk menghasilkan hasil akhir yang kita lihat di SERP.

Jadi, sangat sah untuk mengetahui bahwa ada beberapa jenis algoritme di atas – satu algoritme untuk mengatur semuanya, boleh dikatakan – tetapi selalu sadari bahwa ada banyak algoritme lain dan umumnya algoritme itu adalah algoritme yang kami pikirkan saat kami mempertimbangkan pengaruhnya terhadap hasil penelusuran.

Sekarang, kembali ke analogi kita.

Kami memiliki sejumlah besar karakteristik berbeda dari sebuah situs web yang dinilai sama seperti kami memiliki sejumlah elemen makanan untuk berakhir di piring makan kami.

Untuk menghasilkan hasil yang diinginkan, kita harus memiliki sejumlah besar rumus dan sub-algoritma untuk membuat setiap elemen pada pelat dan algoritma master untuk menentukan jumlah dan penempatan setiap elemen.

Terdengar akrab?

Ketika kita berpikir tentang “algoritma Google” yang sebenarnya kita maksudkan adalah kumpulan besar algoritma dan formula, masing-masing set untuk memenuhi satu fungsi tertentu dan dikumpulkan bersama oleh sebuah petunjuk atau, berani saya katakan, algoritma “inti” untuk tempatkan hasilnya.

Jadi kita punya:

Algoritme seperti Panda untuk membantu Google dalam menilai, memfilter, menghukum, dan memberi penghargaan pada konten berdasarkan karakteristik tertentu, dan algoritme itu kemungkinan menyertakan segudang algoritme lain di dalamnya.


The Penguin algoritma untuk link hakim dan alamat spam yang ada. Tetapi algoritme ini tentu saja memerlukan data dari algoritme lain yang sudah ada sebelumnya yang bertanggung jawab untuk menilai tautan dan kemungkinan beberapa algoritme baru yang ditugaskan untuk memahami karakteristik spam tautan umum sehingga algoritme Penguin yang lebih besar dapat melakukan tugasnya.

  • Algoritma khusus tugas.
  • Mengorganisir algoritma.
  • Algoritma yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan semua data dan memasukkannya ke dalam konteks yang menghasilkan hasil yang diinginkan, SERP yang akan berguna bagi pengguna.


Jadi di sana kita memilikinya. Begitulah cara kerja algoritma pencarian pada intinya.

Ini Semua Tentang Niat Pengguna


Algoritma pencarian bekerja sebagai kumpulan besar algoritma dan formula lain, masing-masing dengan tujuan dan tugasnya sendiri, untuk menghasilkan hasil yang akan memuaskan pengguna.

Faktanya, ada algoritme untuk memantau hanya aspek hasil ini dan membuat penyesuaian di mana peringkat halaman dianggap tidak memenuhi maksud pengguna berdasarkan cara pengguna berinteraksi dengannya.

Bagaimana Mesin Pencari Memberi Peringkat Halaman


Pelajari cara mesin telusur memberi peringkat pada laman web – mulai dari klasifikasi kueri, hingga menetapkan konteks, dan menentukan sinyal mana yang paling penting

Sebagai profesional SEO, kami biasanya fokus pada pertanyaan, “Bagaimana cara memberi peringkat halaman saya?”

Pertanyaan yang sama, jika tidak lebih penting yang harus kita tanyakan adalah, “Bagaimana mesin pencari memberi peringkat halaman?”

Mengapa Mesin Pencari Memberi Peringkat Halaman Web

Hanya 5 Langkah Sederhana – Mudah
Ada lima langkah untuk menyelesaikan proses pemeringkatan halaman.

Saya tidak termasuk tantangan teknis seperti load-balancing dan saya tidak berbicara tentang masing-masing berbagai perhitungan sinyal.

Saya hanya berbicara tentang proses inti yang harus dilalui setiap kueri untuk memulai kehidupannya sebagai permintaan informasi dan mengakhirinya sebagai kumpulan 10 tautan biru yang terkubur di bawah lautan iklan.

Pahami proses ini, pahami siapa yang dirancang untuk dilayani, dan Anda akan segera berpikir dengan benar tentang cara memberi peringkat halaman Anda kepada pengguna mereka .

Saya juga merasa perlu untuk dicatat bahwa kata-kata yang digunakan untuk langkah-langkah ini adalah milik saya dan bukan sejenis nama resmi.

Jangan ragu untuk menggunakannya tetapi jangan berharap salah satu mesin menggunakan terminologi yang sama.

Langkah 1: Klasifikasi , Langkah pertama dalam proses ini adalah mengklasifikasikan kueri yang masuk.

Klasifikasi kueri memberikan informasi yang dibutuhkan mesin untuk melakukan semua langkah berikut.

Langkah 2: Konteks , Langkah kedua dalam proses pemeringkatan adalah menetapkan konteks.

Beberapa contoh informasi lingkungan dan sejarah yang akan dipertimbangkan adalah:

  • Lokasi
  • Waktu
  • Apakah kueri adalah pertanyaan
  • Perangkat yang digunakan untuk kueri
  • Format yang digunakan untuk kueri
  • Apakah kueri terkait dengan kueri sebelumnya
  • Apakah mereka pernah melihat kueri itu sebelumnya


Langkah 3: Bobot


Sebelum kita masuk, izinkan saya bertanya kepada Anda, seberapa sakit Anda mendengar tentang RankBrain ?

Nah, kencangkan sabuk pengaman karena kita akan mengangkatnya lagi tetapi hanya sebagai contoh dari langkah ketiga ini.

Sebelum mesin dapat menentukan halaman apa yang harus diberi peringkat, mereka harus terlebih dahulu menentukan sinyal mana yang paling penting.

Jadi, dengan jenis kueri di tangan serta elemen konteks yang ditarik, mesin sekarang dapat mengandalkan pemahaman mereka tentang sinyal mana yang berlaku dan dengan bobot mana untuk kombinasi yang diberikan.

Beberapa di antaranya tentu dapat diselesaikan secara manual oleh banyak insinyur dan ilmuwan komputer berbakat yang dipekerjakan dan sebagian darinya akan ditangani oleh sistem seperti RankBrain yang (untuk ke-100 kalinya) merupakan algoritme pembelajaran mesin yang dirancang untuk menyesuaikan bobot sinyal untuk kueri yang sebelumnya tidak terlihat. tetapi kemudian diperkenalkan ke dalam algoritma Google secara keseluruhan.

Langkah 4: Tata Letak , Kita semua pernah melihatnya. Untuk kueri yang berbeda, tata letak halaman hasil pencarian berubah.

Mesin akan menentukan format apa yang mungkin berlaku untuk maksud kueri, pengguna yang menjalankan kueri, dan sumber daya yang tersedia.

Apa yang penting untuk dipahami dalam konteks bagian ini adalah bahwa elemen yang berbeda dari setiap halaman hasil pencarian yang diberikan perlu ditentukan lebih atau kurang dengan cepat.

Langkah 5: Peringkat , Menariknya, ini mungkin merupakan langkah termudah dari proses, meskipun tidak tunggal seperti yang dibayangkan.

Ketika kami memikirkan peringkat organik, kami memikirkan 10 tautan biru. Jadi mari kita mulai dari sana dan lihat prosesnya sejauh ini:

  • Pengguna memasukkan kueri.
  • Mesin mempertimbangkan jenis kueri dan mengklasifikasikannya untuk memahami kriteria kunci apa yang berlaku pada tingkat tinggi berdasarkan interaksi kueri sebelumnya yang serupa atau identik.
  • Mesin mempertimbangkan posisi pengguna dalam ruang dan waktu untuk mempertimbangkan kemungkinan niat mereka.
  • Mesin mengambil klasifikasi kueri dan sinyal khusus pengguna dan menggunakannya untuk menentukan sinyal mana yang harus memiliki bobot apa.
  • Mesin menggunakan data di atas untuk juga menentukan tata letak, format, dan data tambahan mana yang dapat memenuhi atau melengkapi maksud pengguna.
  • Dengan semua ini di tangan dan dengan algoritma yang sudah ditulis, mesin hanya perlu menghitung angka.

Mereka akan menarik berbagai situs yang dapat dipertimbangkan untuk peringkat, menerapkan bobot pada algoritme mereka, dan menghitung angka untuk menentukan urutan situs yang akan muncul dalam hasil pencarian.

Tentu saja, mereka harus melakukan ini untuk setiap elemen pada halaman dengan berbagai cara

Anda mungkin bertanya bagaimana pemahaman ini dapat membantu Anda dengan upaya SEO Anda. Ini seperti memahami fungsi inti dari cara kerja komputer Anda.

Hal yang sama berlaku untuk SEO.

Jika Anda memahami inti dari bagaimana mesin berfungsi, Anda akan memahami tempat Anda di ekosistem itu.

Dan itu akan menghasilkan strategi yang dirancang dengan mempertimbangkan mesin dan melayani pengguna yang sebenarnya – pengguna mereka .

Sinyal Perilaku Pengguna yang Dapat Digunakan Mesin Pencari


Sekarang kita telah membahas sinyal pengguna apa yang tidak digunakan mesin (atau setidaknya beberapa aspek inti yang saya dengar dibahas secara teratur), mari kita lihat jenis sinyal perilaku pengguna yang dapat digunakan mesin telusur.

Klik & Perilaku Pasca-Klik


Meskipun Google telah menyatakan dengan benar bahwa mereka tidak menggunakan Google Analytics untuk mengumpulkan sinyal untuk digunakan dalam menentukan peringkat halaman, bukan berarti mereka tidak menggunakan sinyal pasca-klik sama sekali.

Google tahu:

  • Situs mana yang diklik pengguna di hasil pencarian.
  • Berapa lama pengguna berada di situs target sebelum mereka kembali ke Google.
  • Apa yang dilakukan pengguna selanjutnya.


Jadi pada dasarnya, kami memiliki empat kemungkinan inti yang dapat digunakan Google:

Seorang pencari mengklik ke situs Anda dalam hasil pencarian dan dengan cepat kembali ke mesin dan mengklik link berikutnya. Ini akan menjadi indikasi yang jelas bahwa pencari percaya bahwa kueri itu benar dan hasilnya salah dan mengirimkan sinyal relevansi negatif ke mesin untuk halaman Anda yang terkait dengan kueri itu.


Seorang pencari mengklik ke situs Anda di hasil pencarian, bertahan untuk waktu yang lama, dan kemudian kembali ke mesin dan mengklik tautan berikutnya untuk kueri yang sama. Ini kemungkinan akan mengirimkan sinyal relevansi positif ke Google untuk kueri tersebut dan menunjukkan bahwa pengguna menemukan konten yang menarik dan hanya mencari informasi atau opsi tambahan.


Seorang pencari mengklik ke situs Anda dalam hasil pencarian dan setelah jangka waktu yang lama atau singkat kembali ke mesin, menyaring kueri mereka, dan mencari lagi. Ini akan menunjukkan kepada mesin bahwa pengguna itu sendiri mungkin tidak sespesifik yang seharusnya dan tidak menerapkan relevansi yang baik atau buruk ke situs Anda.


Seorang pencari mengklik ke situs Anda di hasil pencarian dan, setelah jangka waktu yang lama atau singkat, kembali ke mesin dan sepenuhnya mengubah kueri mereka. Ini akan menunjukkan bahwa mereka menemukan apa yang mereka cari dan pindah ke tugas yang berbeda. Ini akan melewati relevansi positif dengan sinyal ini.


Meskipun sinyal ini jelas akan bergantung pada faktor seperti jenis kueri dan pola perilaku pengguna, ini berfungsi sebagai ilustrasi jenis sinyal yang dapat diperoleh dari data klik Anda.

Kita dapat berharap untuk melihat lebih banyak hal ini karena sistem pembelajaran mesin menjadi semakin canggih. Saya tidak akan terkejut jika itu menjadi sinyal inti untuk peringkat situs karena sedikit hal lain yang dapat mengkonfirmasi keberhasilan atau kegagalan penempatan SERP juga.

baca juga

Ulasan


Diskusi tentang perilaku pengguna sebagai sinyal peringkat tidak akan lengkap tanpa menyebutkan ulasan.

ulasan adalah sinyal paling menonjol yang berkaitan dengan pencarian lokal. Anda bisa membaca artikel selengkapnya di sini .

Ini adalah contoh langsung Google menggunakan sinyal perilaku pengguna secara langsung.

Ada juga paten yang membahas penggunaan lokasi sebagai sinyal dalam kapasitas menjalankan kueri untuk suatu produk atau layanan dan kemudian mendeteksi melalui Android atau sistem lain bahwa Anda berakhir di sana, sehingga mengonfirmasi pemenuhan niat Anda.

Menggunakan lokasi Anda sebagai ulasan dan mempertimbangkan apakah Anda telah melewati bisnis lain yang menawarkan layanan atau produk yang sama dan memperkuat nilai sinyal tersebut jika Anda melakukannya (yaitu, jika Anda akan melakukan perjalanan lebih jauh untuk terlibat dengan lokasi tertentu, lokasi tersebut harus unggul)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top