undercover.co.id – SEO = Branding + Web Tech , bicara seo adalah bicara perpaduan branding dan technical website / information Technology , saat ini banyak dari kedua belah pihak hanya menguasai satu peran saja. Bisnis + Technology adalah role yang dimainkan oleh google dalam dunia internet ini.
Banyak praktisi technology website yang yakin bahwa dengan technical saja sudah cukup , dengan menguasai IT maka mereka menguasai ranking website di google, hal ini terjadi pada awal awal google mengeluarkan algoritma nya , ditahun 1999
tetapi kini sudah jauh berkembang dan google pun sudah semakin pintar dan berpikir ” bisnis “
mereka menerapkan pendekatan bisnis pada algoritmanya
Search Engine Optimization Era
think different !
SEO di infokan kepada webmaster oleh google agar mereka mematuhi aturan yang berlaku
ini peran google sebagai tech savy di industry teknologi
tetapi sebagai google yang berupa perusahaan dan juga berbicara keuntungan perusahaan , maka sebenarnya
para praktisi SEO adalah ” musuh ” google
Kenapa ?
Dengan SEO para pengusaha bisa menghemat pengeluaran biaya iklan ( ads )
terutama Google Ads
sehingga ketika Peran SEO sudah sangat besar untuk promosi digital perusahaan , ADS nya google otomatis akan sangat jauh berkurang ( namun tidak bisa hilang / tetap dibutuhkan untuk perusahaan besar mengembangkan perusahaannya )
Google SEO VS Google Ads
idealnya peran kedua hal ini adaah selaras, hanya persentase yang mana yang lebih banyak
yang akan menentukan budget perusahaan nantinya
SEO Google adalah rencana jangka panjang untuk perusahaan nasional dan multi national
karena seo berproses dan time consumed , serta harus mengikuti algoritme google
yang bergerak dinamis setiap bulan dan atau tahun
seo pasti menghasilakn pergerakan dan hasil memakan waktu yang tidak cepat
SEO = Branding
branding memakan waktu sangat lama dan hampir mungkin dilakukan sepanjang brand itu masih ada
sisi positifnya adalah SEO dan Brand bertahan hingga jangka waktu yang sangat lama
dan ini menguntungkan dari segi cost promotion
Google Ads , dimana google mengeluarkan iklan untuk para visitor mereka yang mencarai informasi di dunia
digital internet bernama google search
sangat cepat hasilnya namun anda akan terus mengeluarkan uang yang sangat banyak
apalagi ketika kompetitor anda pun berbuat hal yang sama
dengan sistem lelang , maka yang membayar terbanyak akan medapatkan posisi lebih baik dari hasil search nya
Tidak ada yang salah dengan itu , sebagai pebisnis anda pasti sudah menyadari , dengan cost X akan menghasilkan potensi income Y , sehingga anda bisa maju dengan kondisi seperti itu
maka memang dari hal ini yang sisi pebisnis anda harus mainkan
sekali lagi idealnya adalah 2 hal ini , seo google dan google ads yang anda harus mainkan ketika berpromosi secara digital
baca juga
- SEO = Branding + Web Tech
- Daftar Industri Bisnis Yang Menggunakan SEO
- Social Signals: Pengaruh Media Sosial terhadap SEO Website
- Google Answer Box
- SEO vs Iklan Berbayar: Mana yang Lebih Worth It?
Praktisi SEO Atau Pebisnis Yang Menggunakan Jasa SEO ?
Manakah yang lebih akan menguntungkan ?
Praktisi SEO yang fokus unuk pekerjaan seo atau pebisnis yang melihat peluang bisnis dan mengembangkannya dengan SEO ?
pandangan subjektif kami adalah 20:80
20% praktisi seo akan berjalan dengan baik , dengan keahlian dan product yang mereka jual sendiri
dan 80 % pebisnis yang paham tentang bisnis yang akan lebih banyak lagi mengambil kentungan dari SEO ini
kenapa ? pebisnis sudah terbukti dalam kehidupan nyata , sukses menjalankan bisnis nya
dengan modal ilmu bisnis , pengalaman bisnis , modal bisnis dan semua faktor pendukung , mereka hanya belum
kenal dengan SEO , dan ketika mereka kenal dan menyadari potensi seo untuk mendukung bisnis mereka
maka mereka dapat dengan cepat menntukan siapa praktisi seo yang akan mereka rekrut
yup , mereka tidak akan cape cape mempelajari teknik SEO, mereka cukup menghire jasa agency seo di jakarta
dan semua urusan beres. as simple as that.
So your company needs an SEO AGENCY? let’s Discuss!

SEO Sebagai Investasi Bisnis ( Menguntungkan )
undercover.co.id – anda pasti tahu tentang investasi , apalagi investasi yang menguntungkan , apakah SEO ( search engine optimization ) termasuk didalamnya ? belum pernah dengar ?
investasi yang biasa anda dengar adalah investasi property , emas , tanah , deposito , karya seni , reksadana , tapi investasi SEO ?
memang belum pernah ada yang menulisnya ( seyakin kami begitu )
Investasi bisnis di seo memang sebagai analogi unuk memperlihatkan kekuatan seo sebagi
instrument investasi di bisnis ( online ) , saat ini semua bisnis sudah merambah ke dunia digital,
dan sudah bertempur disana
maka investasi untuk perusahaan terhadap seo adalah pilihan yang cerdas
Investasi SEO = Investasi Property
investasi di seo lebih mungkin mirip dengan property , katakanlah seperti investasi di rumah
bila anda membeli rumah , lalu di kontrakan /dibuat kost kostan
maka anda telah berinvestasi
keuntungan yang anda dapat adalah , ROI dari harga rumah tersebut
yang akan anda dapat dalam kurun waktu tertentu
dan setelah mendapatkan ROI , berarti anda telah kembali modal dan mendapatkan keuntungan dari
- sewa rumah tersebut
- nilai property rumah anda yang semakin lama semakin naik
Hal yang sama berlaku bila anda menggunakan SEO didalam website untuk bisnis online anda
website dan seo bila dimaintenance dengan benar seperti layaknya property , akan menghasilkan income yang luar biasa
untuk perkembangan bisnis anda
Katakan anda mempunyai bisnis penjualan drone , dengan harga drone berkisar antara 50 juta sd 100 juta
dengan menggunakan seo , anda mendapatkan 30 pembeli per bulan
omzet anda 30 x 50 juta ( minimal ) = 1.5 Milyar
biaya SEO = ?
apakah dengan mendapatkan omzet 1.5 Milyar anda takut mengeluarkan biaya investasi seo?
BIaya SEO + Maintenance SEO dalam 1 tahun
Apa Saja Investasi Dalam Online Bisnis ?
intrument investasi didalam online bisnis sangat beragam , namun kita akan membahas yang berhubungan dengan
investasi seo saja
- website / e commerce ( domain + hosting )
- maintenance website
- promosi via SEO
Website atau E commerce
ketika anda membuat website , pastikan website anda siap untuk menjual product atau jasa yang anda tawarkan
berinvestasilah pada website yang proper dan bisa menggenerate sales untuk bisnis anda
Webiste dengan banyak fitur CRM , yang memuaskan visitor calon potensial website anda
Bila pengunjung datang dan melihat toko online anda elegant dan lengkap fiturnya ditambah dengan
pelayanan yang sempurna , maka mereka akn cenderung percaya dan melakukan pembelian
untuk membuat website yang pengunjung harapkan , tentunya anda harus berani berinvestasi dalam membuat website yang berbeda
Domain
untuk nama domain pergunakanlah nama brand anda, sehingga kegiatan Branding akan relevan antara offline dan online
Hosting
hosting ini yang terkadang sebagai pebisnis kurang memperharikan , tidak semua hosting sama
hosting ibaratnya mobil yang membawa website anda berlari di dunia digital
ada mobil kecil ( city car ) , Mobil SUV , Mobil Supercar dll
intninya ada 2 hal besar dalam hosting , hosting dengan performance tinggi dan hosting dengan performance rendah
hosting dengan performance tinggi pun perlu melihat load / bawaan websitenya
rumit ? saran kami menggunakan minimal VPS hosting untuk kelancaran bisnis anda
dengan VPS anda akan menggunakan Resource sendiri terisolasi dari tetangga website lain yang terkadang bisa
sangat mengganggu
Harga VPS memang agak lebih mahal, tetapi untuk kelancaran bisnis anda, maka anda harus berani berinvestasi
Search Engine Optimization
seo atau optimasi mesin pencari google , adalah investasi yang menguntungkan
dengan seo website bisnis anda akan berada di halaman #1 google
fakta website yang berada di halaman #1 google adalah lebih banyak dikunjungi visitor
dan dengan banyak visitor , potensi konversi sales bisnis anda akan sangat meningkat
SEO perlu dilakukan dalam meningkatkan branding dan konversi sales bisnis di dunia online
seo pun memerlukan biaya yang tidak sedikit
seo memerlukan maintenance untuk tetap bisa bersaing di halaman satu google
investasi dalam seo bila dilakukan dengan seusai, akan sangat menguntungkan
sebagai seorang pebisnis dan mempunyai perusahaan anda pastinya paham
tentang biaya investasi dan ROI , sehingga perhitungan kebutuhan dan income
yang anda dapatkan bisa secara jelas tergambar

Undercover.co.di SEO Agency Jakarta
kami bisa mambantu anda dalam memabntu bisnis online anda dan menjalankan
program seo unuk menumbuhkan bisnis anda , tentunya dengan biaya yang sepadan
let’s discuss !
SEO Akan Terus Berubah
SEO Akan Terus Berubah Dalam beberapa jangka tahun ini, banyak para ahli yang mengklaim bahwa “SEO sudah tamat”.
Pendapat itu bukannya tidak beralasan, mengingat cara-cara lama yang biasa kita gunakan dulu sepertinya sudah tidak berguna lagi sekarang. Dan, traffic pun tak kunjung didulang. Sepi. Mau tak mau, penjelasan itu jadi terasa sangat masuk akal.
Kalau Anda mengalami hal di atas dan mengamini, yakinlah bahwa yang terjadi sebenarnya bukan karena SEO sudah tamat. Lebih tepatnya, SEO sedang, dan akan selalu, berubah.
Ini berarti Anda juga harus mulai mengubah cara main jika ingin tetap sukses agar bisa mengimbangi dinamikanya.
Tidak Ada yang Namanya “Ahli SEO”
Para pegiat SEO profesional seringkali dianggap memiliki prestise tertentu di antara yang lain. Mereka tampak percaya diri, tahu banyak hal, berdedikasi, dan bisa dipercaya. Padahal, kenyataan sebenarnya bisa jadi tidak seperti itu.
Ini tentu ada hubungannya dengan dinamika SEO yang dijabarkan di atas. Sifatnya yang terus berubah membuat ahli mana pun harus selalu memasang mata.
Padahal kenyataannya, orang-orang ini boleh jadi terlalu sibuk dan punya banyak sekali hal lain untuk dilakukan. Jadi, memakan mentah-mentah perkataan para “ahli” bukanlah langkah yang bijak.
Sistem SEO tidak punya roadmap tertentu, tapi kita bisa beradaptasi dengan beberapa langkah.
Namun, Masih ada Kesempatan-Kesempatan Baru untuk Dimanfaatkan di SEO
Jadi jangan keburu lesu melihat fakta-fakta di atas. Mengesampingkan itu semua, SEO masih menjadi investasi terbesar yang bisa kita tanamkan. Google masih menjadi mesin pencarian nomor satu, dan meskipun sekilas para pengguna Internet tampak hanya mengeklik persentase pencarian yang lebih kecil, volume pencarian sebenarnya terus bertambah.
Pendek kata, para pengguna Internet mencari lebih banyak hal di Google belakangan ini. Maka, ada beberapa kesempatan yang bisa kita sambar:
- Fitur Snippets: Perangkat yang membatasi hasil pencarian spesial ini memang menurunkan rating pencarian yang menggunakan klik, tapi kalau Anda memenangkan posisi nol, Anda mendapatkan kesempatan luar biasa untuk mendapatkan lebih banyak traffic. Fitur ini juga sekaligus membuka pin) tu lebar-lebar untuk kesempatan pencarian suara (voice search
- Optimalkan opsi “People Also Ask”: Dalam halaman pencarian (SERP), ada opsi berbunyi “People Also Ask” yang merupakan fitur untuk menunjukkan pertanyaan-pertanyaan yang juga banyak ditanyakan oleh para pengguna mesin pencari yang lain. Dengan adanya dinamika terbaru ini, hasil pencarian di kategori pertanyaan juga semakin banyak. Anda bisa memanfaatkan hal ini.
- Mengimplementasikan AMP: Langkah ini juga bisa membantu meningkatkan traffic website baik berita maupun bukan.
Kesimpulan
Dalam bidang apa pun, seringkali tingkat kebertahanan suatu individu maupun tim tidak terletak pada seberapa kuat diri mereka, melainkan lebih pada kemauan mereka untuk beradaptasi. Dalam hal ini pun begitu.
Memang, pada intinya basis SEO tetap sama, kecuali tingkat kepuasan query.
Bagian ini akan terus dikembangkan oleh Google sehingga akan terus mengalami perubahan.
Untuk menjaga agar performa tetap prima, berinvestasilah di area-area SEO yang tidak banyak disentuh oleh para kompetitor Anda (optimasi People Also Ask, implementasi AMP, dan lain-lain di atas).
Jika Anda terus beradaptasi, yakinlah hasilnya akan baik pada akhirnya. Siapa tahu, perubahan yang ini justru berpihak pada Anda.