Kata Kunci : Panduan SEO Pemula , Memetakan kata kunci Anda adalah bagian penting dari strategi optimisasi mesin pencari yang sukses. Begini caranya. Bukan rahasia lagi: kata kunci adalah salah satu pilar strategi mesin pencari yang sukses. Mereka menghubungkan konten situs web Anda dengan kueri penelusuran yang menjadikannya SEO 101.
Sasaran Anda adalah memastikan orang-orang memiliki peluang terbaik untuk menemukan situs web Anda, yang berarti Anda ingin salinan halaman Anda diisi dengan kata dan frasa yang digunakan oleh pencari.
Namun di situlah intinya: Bagaimana Anda tahu kata kunci apa yang harus Anda gunakan? Beberapa dari mereka akan terlihat jelas.
Jika Anda memiliki situs web pemasok pipa ledeng, dapat diasumsikan bahwa konten Anda harus menyertakan kata-kata seputar pipa dan air , Tapi bagaimana dengan kata kunci yang tidak begitu jelas?
Dan setelah Anda mengidentifikasi kata kunci yang ingin Anda targetkan, haruskah Anda mulai memasukkannya ke tempat yang sesuai? Anda bisa, tetapi kemudian Anda berisiko mengkanibalisasi halaman Anda sendiri atau bersaing dengan mereka untuk kata kunci dan frasa yang sama.
Untuk menghindari hal ini dan membantu memastikan Anda memberikan jawaban terbaik untuk maksud penelusuran , Anda memerlukan rencana.
Pemetaan kata kunci akan membantu Anda tidak hanya mengidentifikasi frasa kata kunci Anda, tetapi juga menentukan ke mana mereka harus pergi di situs web Anda.
Pada bagian ini, kami akan memandu Anda memetakan kata kunci dan menerapkan strategi untuk memastikan halaman Anda dianggap relevan dengan mesin telusur.
berikut penjelasan dari jasa seo jakarta undercover.co.id mengenai kata kunci
Apa Itu Pemetaan Kata Kunci?
Pemetaan kata kunci adalah proses menetapkan setiap halaman ke kelompok kata kunci target.
Peringkat Google berdasarkan URL tertentu.
Setiap URL perlu dioptimalkan dan relevan untuk kata kunci target untuk diberi peringkat.
Cluster kata kunci target hari ini biasanya terdiri dari kata kunci utama (kata kunci fokus) yang secara jelas menggambarkan topik halaman, serta serangkaian variasi kata kunci dan kata kunci pendukung.
Mengapa Pemetaan Kata Kunci Penting
Ada beberapa manfaat pemetaan kata kunci.
Pertama adalah mengatur konten Anda secara efektif, yang tidak hanya membantu pemahaman Google tentang seberapa relevan URL ini untuk kueri penelusuran, tetapi juga mempermudah pembuat konten Anda untuk menulis dan lebih mudah dipahami pembaca.
Lebih dari itu, ini membantu Anda membuat dan memelihara strategi penautan internal.
Idealnya, Anda ingin halaman Anda terhubung secara kontekstual dari satu ke yang lain. Ini membantu crawler mesin pencari mengindeks halaman Anda sambil membantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari.
Pemetaan kata kunci juga memberi Anda cara yang efektif untuk mengukur upaya SEO Anda. Ini akan membantu mengingatkan Anda tentang masalah dengan SEO Anda, memungkinkan Anda untuk bereaksi lebih cepat.
Mari kita lihat sebuah contoh: Klien perangkat lunak saya memenangkan halaman 1 dengan salah satu halaman target Q4 kami. Artikel itu diterbitkan pada Agustus 2020.
Kata kunci utamanya adalah November, peringkat di posisi dua, dan lalu lintas organik mulai meningkat.
Bagaimana menurut Anda: Berapa banyak kata kunci dan variasi pendukung yang diberi peringkat?
Singkatnya: Mungkin ada ratusan peringkat kata kunci pendukung untuk halaman Anda.
Di sisi kiri, Anda dapat melihat posisi peringkat: 100 di bawah dan posisi terbaik (1) di atas.
Setiap baris adalah satu halaman di situs web yang sama. Garisnya adalah perkembangan peringkat halaman itu dari waktu ke waktu.
Dalam bagan ini, halaman peringkat terus berganti. Google tidak bisa memutuskan halaman mana yang paling relevan.
Jadi, halaman terus masuk dan keluar dari indeks tanpa pernah menempel.
Ini merugikan perubahan peringkat dan kinerja organik Anda.
Jangan bermain keras untuk mendapatkannya.
Kerjakan pemetaan kata kunci Anda dan jelaskan ke Google halaman mana yang harus mereka beri peringkat untuk kata kunci target.
Terakhir, pemetaan kata kunci penting karena Google semakin baik dalam memahami maksud pencarian dan subtopik relevan yang diperlukan untuk memenuhi maksud pencarian.
Halaman 1 untuk [tips manajemen waktu] penuh dengan artikel berbentuk Wikipedia yang panjang yang mencakup semua subtopik dalam satu panduan.
Sekarang setelah Anda tahu mengapa Anda perlu menggunakan rencana, mari selami cara melakukan pemetaan kata kunci.
Panduan Langkah Demi Langkah Untuk Memetakan Kata Kunci
Pemetaan kata kunci itu sederhana setelah Anda memahami prosesnya, tetapi butuh sedikit waktu untuk meneliti dan menerapkannya.
1. Identifikasi Kata Kunci Anda
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi kata kunci utama yang ingin Anda peringkatkan pada setiap halaman dalam situs Anda. Ini harus menjadi jawaban untuk pertanyaan tertentu.
Kata kunci unggulan ini, seperti yang terkadang dikenal, kemudian dapat digunakan untuk menemukan kumpulan kata kunci yang lebih besar.
Menggunakan alat penelitian kata kunci , gunakan kata kunci fokus untuk mengidentifikasi semua kata dan frasa yang akan Anda petakan ke situs web Anda.
Jangan lupa untuk memeriksa kata kunci yang digunakan oleh pesaing Anda.
Prioritaskan kata kunci berdasarkan keseluruhan strategi kata kunci Anda.
2. Kelompokkan Kata Kunci Anda
Setelah Anda menyusun daftar kata kunci, saatnya untuk mulai mengaturnya.
Mulailah dengan mengelompokkan kata ke dalam keranjang berdasarkan maksud pencarian. Tujuan Anda adalah membuat sekelompok kata yang semuanya menjawab pertanyaan yang sama.
Pilih salah satunya sebagai kata kunci utama Anda sambil menggunakan yang lain sebagai kata kunci sekunder.
Bucket ini akan membantu Anda menentukan struktur situs Anda dan membuat jalur logis untuk diikuti pengunjung dan spider mesin telusur.
Saat Anda mengelompokkan kata kunci, jangan lupakan variannya.
Misalnya, jika Anda mengoptimalkan halaman dengan kata kunci fokus [perangkat lunak manajemen proyek], Anda akan ingin menyertakan [perangkat lunak untuk manajemen proyek].
Ini saat yang tepat untuk mulai memikirkan kemungkinan URL untuk laman.
Idealnya, URL Anda akan menampilkan kata kunci utama Anda. Meskipun ini hanya memainkan peran kecil dalam peringkat pencarian Anda, memiliki kata kunci di alamat web membantu pengguna memahami tentang halaman tersebut.
3. Petakan Kata Kunci Anda
Sekarang saatnya untuk mulai membangun peta kata kunci Anda. Mulailah dengan menguraikan hierarki situs Anda secara logis.
Setelah itu, buat subdirektori dengan halaman individual. Banyak orang merasa paling mudah membuat spreadsheet dengan banyak kolom agar semuanya teratur.
Ambil kata kunci utama untuk sebuah halaman dan gunakan untuk membuat judul halaman, deskripsi meta, tag header, dan elemen lainnya.
Cantumkan kata kunci sekunder dan tersier di kolom lain.
Jika Anda bekerja untuk mengoptimalkan situs yang ada, Anda mungkin ingin menyertakan kolom untuk judul yang ada, tag H1, dll., dan menyertakan versi yang direkomendasikan atau diperbarui di sebelahnya.
Anda juga dapat menambahkan catatan tentang body copy, jumlah kata, dan gambar – jika menurut Anda ini membantu.
Setelah Anda selesai mengisi spreadsheet ini, periksa kembali untuk memastikan setiap halaman unik dari yang lain.
4. Optimalkan Konten On-Page Anda
Saat membuat peta kata kunci, Anda mungkin akan menemui beberapa masalah yang harus ditangani. Ini dapat mencakup:
- Konten yang hilang atau konten yang tidak relevan.
- Masalah teknis yang dapat merusak peringkat Anda.
- Peluang tautan internal.
- Beberapa halaman menargetkan kueri yang sama.
5. Terus Kerjakan Peta Kata Kunci Anda
Seperti hampir semua hal yang berhubungan dengan pengoptimalan mesin telusur, tidak ada garis akhir untuk pemetaan kata kunci.
Anda akan ingin mengunjungi kembali peta Anda secara teratur, setidaknya setiap tahun, jika tidak sebulan sekali.
Saat situs web Anda tumbuh, Anda harus merujuk ke dokumen ini untuk memastikan Anda tidak menduplikasi konten.
Perubahan dalam teknologi, industri Anda, atau perilaku target dapat memengaruhi relevansi kata kunci Anda, jadi pastikan Anda memperhatikan hal ini.
Anda juga dapat menemukan istilah baru atau lebih baik yang perlu ditambahkan.
baca juga
Cara Menghindari Kanibalisasi Kata Kunci
Penting untuk menghindari kanibalisasi kata kunci atau bersaing dengan halaman Anda sendiri untuk lalu lintas pencarian.
Jadi, bagaimana jika Anda memiliki banyak kata kunci dan subtopik yang serupa dan tidak yakin apakah harus dipetakan ke halaman yang sama atau berbeda?
Cara kualitatif (tanpa alat) untuk mengetahuinya adalah dengan meninjau Halaman 1.
Misalnya, jika Anda menargetkan kueri [alat manajemen proyek] dan Anda memiliki halaman dengan konten yang berfokus pada kata kunci ini, sementara yang lain mencakup [perangkat lunak manajemen proyek], dan yang ketiga tentang [alat untuk manajer proyek], halaman ini adalah semua akan mencuri lalu lintas dari yang lain.
Masuk ke mode penyamaran di browser Anda dan bandingkan halaman hasil pencarian untuk berbagai variasi kata kunci.
Jika Anda menemukan hasil pencarian yang sama atau sangat mirip, berarti Anda harus memetakan kata kunci ke halaman yang sama.
Jika hasil pencarian terlihat sangat berbeda dan pesaing Anda memiliki halaman yang jelas berbeda yang mencakup variasi kata kunci yang berbeda, itu menunjukkan kepada Anda bahwa mereka harus dipetakan ke URL yang berbeda.
Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan alat SEO seperti Ahrefs.
Penjelajah Kata Kunci Ahrefs memiliki fungsi bernama “Traffic Share By Pages.”
Mari masukkan dua kata kunci target yang sangat mirip ke dalam Keyword Explorer:
- [manajemen waktu]
- [tip manajemen waktu]
Anda dapat melihat bahwa delapan dari sepuluh hasil pencarian pertama menargetkan dua kata kunci ini pada halaman yang sama – sebagaimana seharusnya Anda.
Sekarang, mari kita periksa:
- [peretasan manajemen waktu]
- [keterampilan manajemen waktu]
Anda dapat melihat bahwa halaman tentang [keterampilan manajemen waktu] cenderung tidak diberi peringkat untuk [peretasan manajemen waktu].
Ini menunjukkan bahwa Anda harus membuat dua halaman untuk dua topik.
Mungkin, orang yang mencari peretasan dan pintasan berbeda, dengan kebutuhan dan niat pencarian yang berbeda dari mereka yang ingin menguasai keterampilan.
Singkatnya: Rapat niat pencarian + pemetaan kata kunci yang hebat = halaman yang ditargetkan dengan peluang terbaik untuk peringkat sukses.
Menggunakan Pemetaan Kata Kunci Untuk SEO
Terlepas dari industri apa Anda melakukan pengoptimalan mesin telusur, ini adalah bidang yang kompetitif. Dan itu berarti Anda perlu memanfaatkan setiap keuntungan yang Anda miliki untuk menempatkan halaman Anda di bagian atas SERP.
Pemetaan kata kunci adalah cara terbaik untuk memaksimalkan upaya Anda dengan membuat dan menjaga agar semua konten tetap teratur.
Ini mencegah halaman Anda saling mengkanibal sambil memastikan bahwa semua tim Anda ada di halaman yang sama.
Membangun peta kata kunci membutuhkan sedikit waktu di muka, tetapi ini akan menghemat banyak sakit kepala dan bekerja di backend – belum lagi membantu Anda mencapai peringkat pencarian keseluruhan yang lebih baik.