undercover.co.id – Apa Sebenarnya EAT ?
EAT adalah pedoman penting yang perlu diketahui dan menjadi fokus pemasar. Cari tahu persis apa itu EAT, dan mengapa itu penting.
EAT berarti Keahlian, Kewibawaan, dan Dapat Dipercaya. ( expertise, authoritativeness and trustworthiness )
EAT adalah bagian dari algoritme Google dan dimasukkan ke dalam Pedoman Evaluator Kualitas Penelusuran Google .
Bahkan Google mengatakan bahwa EAT adalah “sangat penting.”
Jika Anda seorang profesional SEO, Anda mungkin pernah mendengar banyak tentang EAT selama beberapa tahun terakhir.
Tapi, apa sebenarnya EAT itu? Apakah ini pembaruan besar, sedikit perubahan, atau sesuatu di tengah? Apakah Anda perlu mengubah segala sesuatu tentang strategi SEO Anda ? Atau bisakah Anda mengabaikannya dengan aman
Dalam panduan ini, saya akan menjelaskan dengan tepat apa itu EAT, menyelami Pedoman Penilai Kualitas Penelusuran Google, mengapa itu penting, dan bagaimana membantu peringkat situs Anda lebih baik dengan memberinya konten gaya EAT.
Panduan EAT ini bekerja sama dengan pemasar SEO lainnya
Berikut adalah rincian dari apa yang dapat Anda harapkan dalam seri ini:
Bab 1: Panduan Penilai Kualitas Pencarian Google: Panduan untuk Pemula SEO
Bab 2: Cara Menggunakan Data Terstruktur untuk Mendukung EAT
Bab 3: EAT & Membangun Tautan: Panduan untuk Mengevaluasi Prospek
Bab 4: Fakta Mengejutkan Tentang EAT
Bab 5: EAT Google: Menghancurkan 10 Kesalahpahaman Terbesareat seoeat seo
Apa Sebenarnya EAT itu?
EAT adalah salah satu dari banyak pedoman yang digunakan Google untuk menentukan apakah konten tersebut berharga bagi pembaca dan apakah konten tersebut harus diberi peringkat yang baik.
Penyebutan EAT pertama kali terjadi pada tahun 2014 ketika Google menambahkan konsep tersebut ke Panduan Kualitas Pencarian mereka.
Evaluator kualitas pencarian Google diinstruksikan untuk memperhatikan:
- Keahlian dari pencipta konten.
- Authoritativeness dari pencipta konten, konten itu sendiri, dan website.
- Kepercayaan dari pencipta konten, konten itu sendiri, dan website.
Singkatnya, EAT adalah karakteristik yang menunjukkan halaman berkualitas tinggi, sehingga bermanfaat bagi pengguna.
Berikut ini contoh dari Google yang menyoroti apa yang mereka maksud dengan EAT:
“Artikel berita EAT tinggi harus diproduksi dengan profesionalisme jurnalistik – artikel tersebut harus berisi konten yang akurat secara faktual yang disajikan dengan cara yang membantu pengguna mencapai pemahaman yang lebih baik tentang peristiwa. Sumber berita EAT tinggi biasanya telah menerbitkan kebijakan editorial yang mapan dan proses peninjauan yang kuat.”
Apakah EAT merupakan Faktor Peringkat?
Tidak, EAT secara teknis bukan merupakan faktor peringkat, tetapi dapat memengaruhi peringkat konten Anda.
EAT adalah pedoman yang digunakan Google untuk menentukan konten apa yang berkualitas tinggi dan harus diberi peringkat lebih tinggi dan merupakan bagian dari beberapa aspek berbeda dari algoritmenya.
Jadi, meskipun ini bukan faktor peringkat langsung, hal itu dapat berdampak pada peringkat pencarian Anda secara keseluruhan secara tidak langsung.
Meskipun penting, itu mungkin tidak penting seperti yang dipikirkan beberapa profesional SEO.
Jadi Mengapa EAT Penting untuk SEO?
Pernahkah Anda mendengar ungkapan “ konten adalah raja ?” Atau “buat saja konten berkualitas tinggi?”
Jangan jawab itu. Karena, tentu saja, Anda pasti pernah.
Meskipun bermaksud baik, frasa tersebut membuat mata saya berputar karena sebenarnya tidak memberi tahu kami apa pun tentang apa yang membuat konten berkualitas tinggi.
Lebih banyak gambar? Konten formulir yang lebih panjang? Alt tag berlimpah? Meta yang lebih baik? Dunia mungkin tidak pernah tahu.
Sekarang, Google memberi kami sedikit wawasan tentang apa yang mereka anggap sebagai konten berkualitas tinggi, dan itu dapat memiliki implikasi besar bagi pemasaran konten dan profesional SEO.
Pedoman EAT memberi tahu pengulas manusia nyata, yang mengevaluasi ratusan situs web, jenis konten apa yang dianggap Google berkualitas tinggi.
Menurut pedoman mereka, konten yang bagus harus:
- Bantu pengguna.
- Dibuat oleh ahlinya.
- Diposting di situs resmi.
- Jadilah dapat dipercaya.
- Diperbarui secara teratur.
- Jika memungkinkan, konten harus dibuat dengan keahlian tingkat tinggi, meskipun “keahlian sehari-hari” dari orang-orang dengan pengalaman kehidupan nyata dapat diterima jika sesuai.
Halaman yang menyebarkan kebencian menyebabkan kerugian, informasi yang salah, atau menipu pengguna dapat menerima peringkat EAT yang lebih rendah dari evaluator pencarian.
Inilah Checklist EAT Anda dengan 7 Cara Meningkatkan EAT Website Anda
Sekarang Anda tahu bahwa EAT terkait dengan algoritme Google . Anda tahu mengapa itu penting – dan mengapa para profesional SEO semua ada di twitter tentang hal itu .
Tapi apa artinya bagi situs Anda? Ini berarti Anda perlu meningkatkan permainan konten Anda.
Berikut adalah daftar periksa tujuh langkah untuk membantu situs Anda menjadi lebih berwibawa dan dapat dipercaya.
Beritahu Pengunjung Siapa Anda
Ketiga cabang pedoman EAT menunjukkan bahwa Google ingin mengetahui siapa yang membuat konten dan apakah orang/situs web tersebut merupakan sumber yang sah untuk pengetahuan tersebut.
Jika Anda belum memiliki halaman Tentang Kami atau halaman Tim yang menguraikan siapa tim Anda – dan siapa pembuat konten Anda – sekaranglah saatnya.
Halaman penulis adalah cara sederhana untuk membangun keahlian, otoritas, dan kepercayaan tim Anda.
Bekerja Dengan Pakar untuk Membuat Konten
Google tidak hanya menginginkan konten yang bagus; itu menginginkan konten dari orang-orang yang tahu apa yang mereka bicarakan.
Daripada mempekerjakan penulis bayangan untuk menghasilkan konten setengah matang dengan istilah kunci klik tinggi, bekerjalah dengan para ahli di bidangnya untuk membuat konten yang akan dipercaya oleh Google.
Ini mungkin berarti mewawancarai seorang ilmuwan, mempekerjakan seorang ahli untuk posting tamu, atau bekerja dengan perusahaan lain untuk menerbitkan penelitian terbaik.eat seo
Buat Tujuan Konten Anda Jelas
Apa gunanya konten Anda?
Apakah Anda ingin menginformasikan, menjelaskan, meyakinkan, atau menggambarkan?
Gunakan judul dan heading yang membuat tujuan konten Anda sangat jelas dan gunakan bahasa yang lugas.
Misalnya, saya menggunakan judul dalam posting ini yang merupakan pertanyaan, jadi Anda tahu bahwa semua pertanyaan Anda tentang EAT akan dijawab.
Jangan menghasilkan konten yang panjang dan berkelok-kelok. Langsung ke intinya dan bahas topik sejelas (dan selengkap mungkin).
Perbarui Konten Secara Teratur
Google membuat jumlah data yang luar biasa setiap hari.
Pada tahun 2025, rata-rata 463 miliar GB data setiap hari. Ini berarti konten menjadi cepat usang.
Alat diperbarui, situs menjadi offline, orang mengambil peran baru, dan Google memperbarui algoritme… lagi.
Dalam pengalaman saya, umur rata-rata konten online adalah sekitar dua tahun, tergantung pada topik dan industrinya.
Jaga agar konten Anda tetap akurat dan terkini dengan menyertakan pembaruan konten dalam strategi SEO Anda.
Perbarui statistik, praktik terbaik, dan periksa tautan mati setiap beberapa tahun, terutama untuk konten berperingkat tinggi.
Tautan ke Sumber Berkualitas Tinggi
Jika Anda ingin terlihat sebagai ahli, maka Anda harus mengandalkan data nyata.
Tautkan ke sumber resmi, studi, dan makalah penelitian untuk mendukung poin Anda dan menunjukkan bahwa Anda tahu apa yang Anda bicarakan.
Gunakan sumber tepercaya seperti NCBI dan JSTOR untuk menemukan studi untuk mendukung pernyataan.
Anda juga dapat menautkan ke tweet, makalah, atau laporan yang dibuat oleh para profesional industri . Misalnya, dalam artikel tentang EAT ini, saya merujuk pada komentar dari Gary IIlyes dari Google, yang (mungkin) dapat dianggap sebagai pakar di Google.
Pertimbangkan Banyak Sudut Pandang
Agar dapat dipercaya, konten harus melihat masalah dari berbagai sudut dan memeriksa kontribusi setiap sudut terhadap keseluruhan percakapan.
Misalnya, jika konten Anda tentang jenis es krim terbaik untuk dimakan, kemungkinan besar satu jenis es krim tidak cocok untuk setiap orang.
Satu orang mungkin menyukai es krim mereka yang dibuat dengan telur lokal Dan, orang lain mungkin kesulitan memilih antara es krim dan koktail, jadi mereka akan memilih koleksi Ice Cream.
Kemungkinannya tidak terbatas. Namun, tujuannya adalah untuk menjelaskan sudut pandang yang berbeda tentang suatu topik untuk membangun kepercayaan dengan audiens Anda dan membuatnya terlihat seperti Anda seorang ahli.
baca juga
- Definition of Search Engine Marketing
- Various Google Algorithms for Website Optimization
- 5 Easy Steps to Get High Rank in Search Engines
- Cara Recovery Dari Algoritma Google
- EAT
Perhatikan Reputasi Online Anda
Reputasi online Anda dapat memengaruhi kepercayaan situs dan konten Anda.
Lindungi reputasi merek Anda dengan mengawasi pers negatif dan segera menanggapi ulasan negatif.
Klaim semua profil sosial Anda untuk nama merek Anda (agar orang lain tidak mencoba mengambilnya!), dan dorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan positif tentang merek Anda.
Anda tidak perlu gila-gilaan mencoba membangun merek besar-besaran jika tidak masuk akal untuk bisnis Anda, tetapi pastikan nama baik Anda tidak tercoreng.