Link Internal

undercover.co.id – Link Internal pada peringkat di Google, bisa tembus halaman satu google?

Penautan Internal ternyata memiliki beberapa pengaruh pada peringkat halaman di Google.

Google menjelaskan bahwa perubahan pada penautan internal dapat membuat perubahan dramatis pada peringkat situs, baik positif maupun negatif.

Di Hangout Webmaster, Google John Mueller menjelaskan cara terbaik untuk memperbarui tautan internal.

Mengubah Link Teks Internal

John Mueller menjelaskan, Jika anda melakukan pembaharuan teks tautan secara internal agar lebih mudah dimengerti oleh pengguna, biasanya itu juga membantu mesin telusur untuk lebih memahami konteks laman tersebut.

Jika anda hanya mengubah teks seperti tulisan dan anda mengubah link dari satu teks ke teks lainnya, maka tidak akan ada perubahan pada peringkat.

John Mueller menasihati bahwa mempraktikkan SEO dengan baik akan menggiring website pada kualitas terbaiknya.

Ia menerangkan bahwa Google melihat situs melalui dari bagaimana penggunaan SEO disusun dengan baik, jadi asal menautkan link teks internal saja tidak akan cukup untuk mengangkat kualitas sebuah halaman website.

Kenyamanan Pengguna

Di samping itu, seberapa nyaman atua tidak nyamannya pengguna ketika membuka situs, dapat dilihat dari berapa lama penguna tetap betah berada di sebuah halaman kemudian tergerak untuk memahami konten di halaman lainnya.

Jika terlalu banyak link internal yang ditautkan ke dalam sebuah halaman, tentunya hal itu akan menganggu pembaca yang ingin membaca sebuah informasi dari sebuah situs website.

Ketika link internal ditempatkan dengan rapi dan nyaman, tidak terlalu banyak, berjarak namun tidak mengganggu penglihatan maka itu akan menjadi lebih nyaman untuk pembaca.

Jadi, pengguna kemudian mengklik tautan lainnya karena merasa penting untuk mengetahui penjelasan lain dari suatu artikel yang lain dari satu situs yang sama akan membuat google memperhitungkan bahwa website tersebut memiliki kualitas link internal konten yang berkualitas juga selain yang muncul di halaman pertama.

Link-link terkait akan mempengaruhi penilaian google pada keseluruhan isi sebuah website.

Membantu Memahami Konteks Halaman

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan penjelasan John Mueller menyatakan bahwa memperbaharui link internal dan anchor text akan membantu mesin pencari “lebih memahami konteks halaman tersebut.”

Sebelumnya, faktor penentu peringkat juga akan dipengaruhi oleh teks internal dan link terkait lainnya ketika ditambahkan dalam sebuah halaman, namun di masa modern ini, hal tersebut tidak terjadi.

Kini google melihat link internal hanya sebagai faktor untuk memahami konteks halaman konten, kemudian memutuskan keseluruhan konten di dalam sebuah web layak dinilai berkualitas dan direkomendasikan kepada pembaca.

baca juga

Gambar yang Harus Dihindari

Faktor pemeringkat berikutnya yang dijelaskan oleh John Mueller ialah tidak menggunakan gambar ketika menautkan halaman.

Alasan utama tampaknya adalah tautan gambar tidak membantu Google memahami konteks bahasan halaman itu relevan atau tidak dengan yang lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa ada gambar-gambar tertentu yang mungkin anda anggap bagus tapi ternyata tidak demikian bagi Google.

Oleh karena itu, daripada membuang-buang tenaga menambahkan gambar yang tidak akan terindeks oleh google, ada baiknya untuk memaksimalkan SEO teks.

Meskipun demikian, ada juga situasi yang menunjukkan sebuah gambar diterima oleh google sebagai pendukung teks yang berpengaruh.

Ciri-ciri gambar tersebut ialah seperti gambar infografik di mana di dalamnya terdapat informasi singkat mengenai isi teks.

Intinya ketika anda ingin menambahkan gambar, berpeganganlah pada unsur jika sebuah gambar bermanfaat untuk anda, mengandung informasi yang berguna untuk mendukung teks, maka hal itu juga akan dinilai bernilai oleh Google.

Scroll to Top