12 Tips SEO Lokal

12 Tips SEO Lokal yang Terbukti Mendominasi SERP dan Peta Google , Menjadi terlihat di SERP yang selalu kompetitif saat ini menjadi lebih penting dari sebelumnya. Tingkatkan visibilitas pencarian lokal Anda dengan 12 taktik ini.

Untuk menarik pelanggan baru, Anda perlu memastikan bahwa Anda berada di depan pencari lokal yang mencari produk atau layanan Anda.

Jika Anda tidak dioptimalkan untuk penelusuran lokal, Anda kehilangan peluang besar untuk menjangkau calon pelanggan di area Anda dan mendorong peningkatan pendapatan, lalu lintas, dan penjualan.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa penelusuran seo lokal itu penting dan bagaimana Anda dapat memastikan bisnis Anda dioptimalkan untuk hasil penelusuran lokal guna memaksimalkan performa.

12 Tips SEO Lokal

Dapatkan Di Platform Pencarian Lokal , Banyak platform pencarian lokal yang sesuai dengan anggaran Anda

Menggunakan platform membuatnya lebih mudah untuk mengelola semua daftar Anda. Itu termasuk mendapatkan nama, alamat, dan nomor telepon (NAP) Anda secara konsisten dan akurat terdaftar di ratusan mesin pencari dan direktori lokal sambil juga menghapus daftar duplikat.

Mengelola ini secara manual sangat memakan waktu dan membosankan serta dapat mengakibatkan ketidakakuratan di seluruh ekosistem pencarian lokal.

Kiat Bonus : Jika Anda adalah merek e-niaga, Anda pasti ingin memanfaatkan fitur baru Google, Lihat Apa yang Ada di Toko Anda (SWIS).

Ini dilakukan dengan mengintegrasikan inventaris langsung ke Google Profil Bisnis Anda.

Manfaatkan jumlah konsumen yang menelusuri produk dan layanan Anda setiap hari dengan mengizinkan mereka melihat inventaris di toko dalam listingan produk tidak berbayar di seluruh properti Google, termasuk Gambar, Shopping, dan Maps.

Beberapa platform memiliki ini terintegrasi ke dalam set fitur inti, tetapi pasti layak untuk dilihat selagi masih gratis.

Gunakan Data Terstruktur


Kita semua tahu bahwa data terstruktur penting untuk membantu Google lebih memahami konten dan dapat membantu meningkatkan klik, tayangan, dan konversi.

Prinsip yang sama berlaku untuk pencarian lokal .

Itulah mengapa Anda harus benar-benar menerapkan tipe data terstruktur seperti bisnis lokal , koordinat geografis , alamat pos , dan ulasan untuk membantu meningkatkan kinerja.

Profil Bisnis Google

Jika Anda tidak menggunakan dan mengoptimalkan Google Profil Bisnis, Anda kehilangan peluang besar untuk menampilkan produk dan layanan Anda di tempat yang paling penting.

Saat mengoptimalkan Google Profil Bisnis, pastikan Anda mengisi semua informasi yang Anda bisa, termasuk foto, item menu, deskripsi, dan jalur layanan.

Konten foto berkualitas tinggi, khususnya, dapat meningkatkan interaksi pengguna dengan cantuman Anda.

Praktik terbaik adalah menambahkan konten foto baru secara konsisten dan menyertakan gambar interior dan eksterior (termasuk papan nama bisnis), serta foto yang mencakup kategori yang terkait dengan jenis bisnis Anda (kamar untuk hotel, makanan dan minuman untuk restoran, produk untuk eceran, dll).

Gambar etalase dan papan nama bisnis Anda penting untuk disertakan di cantuman Anda untuk membantu mencegah algoritme Google menangguhkan, menonaktifkan, atau menandai cantuman Anda sebagai duplikat dari bisnis lain secara keliru.

Selain konten foto berkualitas tinggi, Anda juga dapat menyertakan konten video pendek di listingan Anda yang akan muncul bersama konten foto Anda yang lain atau dapat disertakan di postingan Google Anda.

Anda pasti ingin mengikuti pedoman Google saat menambahkan konten foto dan video.

Saya telah melihat banyak merek tidak memanfaatkan daftar bisnis mereka di kategori yang tepat.

Jika Anda mempunyai bisnis spidol , Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda di tempat pabrikan.

Google terus menambahkan kategori baru.

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk memeriksa untuk melihat apakah kategori baru dapat digunakan oleh daftar bisnis Anda untuk tetap berada di depan pesaing Anda.

Ini adalah salah satu aspek terpenting dari pengoptimalan pencarian lokal , jadi luangkan waktu untuk mengisi informasi menu, deskripsi, dll.

Selain itu, selalu perbarui informasi Anda.

Misalnya, jika saya menelusuri [modell’s near me] dan menemukan toko dengan ulasan bagus yang tampaknya buka, tetapi saya mengemudi ke sana hanya untuk menemukannya tutup, saya akan mendapatkan pengalaman pengguna yang buruk.

Jika dibuka lagi, saya mungkin tidak ingin memberi toko itu kesempatan lagi.


Itulah mengapa sangat penting bagi bisnis untuk memperbarui hasil penelusuran lokal – untuk mengomunikasikan dengan jelas kepada calon pelanggan bahwa mereka tutup.

Selain itu, Google telah mulai menampilkan atribut status pengoperasian toko di dalam Maps.

Pengecer besar dengan beberapa departemen dalam toko dapat menggunakan GBP untuk memasukkan jam sekunder, seperti yang kita lihat di bawah.

Jika perlu, gunakan fitur ini untuk memperbarui:

  • Jam departemen.
  • Jam senior.
  • Drive-thru jam.
  • Jam pengiriman.
  • Jam bawa pulang.
  • Jam kunjungan.
  • Jam penjemputan.
  • Daftar restoran sekarang dapat menambahkan jam terpisah untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan makan siang.


Jangan lupa untuk memperbarui T&J dalam Google Profil Bisnis Anda dengan detail yang relevan atau tepat waktu, seperti:

  • Penutupan atau perubahan jam.
  • Acara yang dibatalkan dan pengembalian uang/penukaran tiket.
  • Volume panggilan/email dan perkiraan penundaan.
  • Perubahan prosedur untuk janji temu.
  • Bagaimana Anda meningkatkan langkah-langkah kesehatan dan keselamatan.
  • Perubahan layanan yang ditawarkan.

Perbarui Status Acara

Jika Anda memiliki acara, selalu pastikan Anda menggunakan skema acara. EventStatus adalah jenis skema baru yang memungkinkan pengguna mengetahui status terkini dari acara terjadwal mereka.

Atribut meliputi:

  • EventCancelled: Acara telah dibatalkan.
  • EventMovedOnline: Acara telah dipindahkan ke domain online.
  • Acara Ditunda: Acara telah ditunda; tanggal baru adalah TBA.
  • Acara Dijadwal Ulang: Acara telah dijadwalkan ulang ke tanggal baru.
  • EventScheduled: Acara masih dijadwalkan untuk berjalan sesuai rencana.
  • Informasi acara dapat ditarik ke profil bisnis Anda melalui skema acara di situs web Anda atau sumber eksternal seperti acara Facebook, Eventbrite, dan Meetup.

Audit Daftar Anda

Selalu audit cantuman Anda untuk mengidentifikasi hal-hal berikut:

  • Pembaruan otomatis ke status operasi (“Ditutup Sementara,” dll.).
  • Menunggu atau menyarankan perubahan pada jam operasional.
  • Perubahan atribut yang tertunda atau disarankan.
  • Perubahan yang tertunda atau disarankan pada detail bisnis.
  • Indikator lain dari pembaruan yang tertunda atau disarankan.
  • Daftar yang dinonaktifkan.


Google menghargai umpan balik yang diterimanya dari pengguna dan akan sering melakukan perubahan pada cantuman bisnis Anda berdasarkan umpan balik mereka.

Sayangnya, pengguna Google tidak selalu melakukannya dengan benar, jadi sangat penting untuk memeriksa cantuman Anda secara teratur untuk pembaruan yang disarankan ini guna memverifikasi bahwa pembaruan tersebut valid.

baca juga

    Kelola Reputasi Anda


    Memiliki ulasan positif dan pengalaman pelanggan yang baik sangat penting untuk mendapat peringkat tinggi di Paket Peta Lokal. Saya telah melihat banyak sekali perusahaan yang memiliki ulasan negatif dan positif tanpa tanggapan dari bisnis tersebut.

    Jika saya ingin menyewa seorang pelukis dan melihat 20 ulasan bintang empat dan lima ulasan bintang dua yang belum terjawab, saya mungkin ragu untuk mempekerjakan pelukis itu.

    Orang-orang memercayai ulasan, dan ulasan buruk menjadi lebih buruk jika pemiliknya tidak meluangkan waktu untuk merespons.

    Jika ya, respons tersebut berpotensi membangun lebih banyak kepercayaan dari pengguna lain dan mungkin juga dapat membantu menghasilkan lebih banyak bisnis.

    The Takeaway : Selalu pantau dan tanggapi ulasan Anda – baik dan buruk – dan fokus untuk mendapatkan ulasan alami yang tidak diminta. Juga, tambahkan ulasan pihak pertama ke situs web Anda.

    Gunakan Konten Hiper-Lokal


    SEO adalah tentang memberikan pengalaman konten yang positif di semua perangkat dan platform untuk membantu pengguna akhir memenuhi kebutuhan informasi mereka.

    Selalu fokus untuk menambahkan konten berkualitas unik yang melayani setiap lokasi. Konten hyper-local ini dapat membantu meningkatkan visibilitas di antara calon pelanggan yang berada di sekitar.

    Juga, pastikan untuk memasukkan istilah hiper-lokal dalam strategi pengoptimalan di halaman Anda. Ini termasuk judul, judul, metadata, teks alternatif gambar, dan teks.

    Selain itu, selalu miliki konten terkait COVID.

    Ini akan membangun kepercayaan dari perspektif pengguna akhir dan juga membantu Anda mendapatkan ulasan yang bagus.

    Menunjukkan bahwa tindakan pencegahan yang tepat dapat membantu menjual lebih banyak produk dan layanan saat pelanggan datang untuk mengambil makanan atau berbelanja di toko.

    Manfaatkan Google Posting di daftar bisnis Anda untuk meningkatkan kesadaran akan acara khusus atau penawaran bisnis terbaru.

    Penggunaan fitur Posting secara konsisten dapat meningkatkan aktivitas pengguna di listingan Anda, yang akan membantu meningkatkan peringkat lokal Anda.

    Postingan juga merupakan cara yang bagus untuk menyebutkan penawaran yang mungkin tidak secara jelas terkait dengan kategori bisnis utama atau sekunder Anda.

    Terhubung Dengan Pelanggan Melalui Perpesanan Selalu Aktif


    Download aplikasi Google Profil Bisnis dan aktifkan pesan sebagai cara untuk membantu pelanggan menghubungi Anda.

    Jika Anda tidak dapat dihubungi melalui telepon atau setelah jam kerja, pengiriman pesan dapat membantu pelanggan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan.

    Kiat Bonus : Buat draf pesan selamat datang otomatis agar pelanggan mengetahui status bisnis Anda.

    Pantau Tren


    Pantau Google Trends dengan cermat untuk memahami perubahan dalam minat penelusuran dan perilaku seputar kata kunci dan topik yang relevan untuk merek dan industri Anda karena kita hidup di dunia yang tidak pasti dan banyak hal dapat berubah dengan cepat.

    Analisis kata kunci yang paling berharga untuk bisnis Anda dan lihat bagaimana tren penelusuran untuk item tersebut.

    Kemudian, pantau kinerja situs web untuk memahami bagaimana pengguna berkonversi selama ini dan perbarui perkiraan dan pelaporan untuk mempertimbangkan dampak peristiwa dunia.

    Kiat Alat Bonus : ExplodingTopics.com menunjukkan topik yang sedang tren atau “meledak” yang bersumber dari data Google Trends. Ini berguna untuk riset pasar dan menemukan bidang bisnis baru.

    Optimalkan Untuk Penelusuran Suara & Seluler


    Kita hidup di dunia di mana pengguna terus-menerus mengajukan pertanyaan, dan merek Anda harus memberikan jawaban bahkan saat konsumen bertanya kepada asisten digital.

    Selain itu, situs web Anda harus dioptimalkan dengan baik untuk memberikan jawaban atas pertanyaan umum tentang produk dan/atau layanan Anda.

    Untuk petunjuk tentang apa yang harus disertakan, lihat metrik dan analitik penelusuran internal Anda untuk mengetahui pertanyaan umum yang diajukan orang tentang bisnis Anda.

    Juga, gunakan alat pihak ketiga, dan fitur Orang Juga Bertanya (PAA) Google.

    Dan karena sebagian besar kueri lokal dilakukan di perangkat seluler, pastikan situs Anda dioptimalkan untuk seluler dengan gambar berkualitas tinggi, konten, dan waktu muat yang cepat.

    Lacak Peringkat & Bangun Halaman Arahan Lokal


    Pemeringkatan bukanlah tujuan akhir dan segalanya, tetapi peringkat dapat membantu Anda melacak keberhasilan kampanye penelusuran lokal di tingkat lokasi dan kode pos.

    Selalu pastikan Anda membuat halaman arahan lokal yang menawarkan pengalaman pengguna dan halaman yang baik, termasuk responsif, waktu muat cepat, basis kode skema terbaru, ajakan bertindak, dan elemen desain.

    Semua ini dapat membantu peringkat merek Anda untuk semua lokasi dan meningkatkan konversi.

    Kiat Bonus : Sebagian besar platform lokal sudah memiliki halaman arahan yang dioptimalkan yang dapat dibangun dengan cepat daripada meminta tim internal Anda membuat templat halaman baru. Mereka juga menghosting halaman untuk Anda, yang bahkan lebih baik dan hanya membutuhkan sedikit keterlibatan dari tim internal Anda.

    Jangan Lupa Link Masih Sangat Penting


    Selalu dapatkan tautan berkualitas tinggi dengan meneliti situs lokal dan umum, blog, dll.

    Mendapatkan tautan berkualitas tinggi dari sumber tepercaya dengan konten bagus dan membantu pengguna menyelesaikan masalah menciptakan kepercayaan dan kredibilitas, yaitu faktor Otoritas dan Kepercayaan di EAT.

    Bertujuan untuk mendapatkan daftar dari daftar dan blog yang ditargetkan secara lokal juga.

    Itu masih merupakan faktor yang sangat penting yang dapat meningkatkan visibilitas Anda.

    Memiliki kehadiran pencarian lokal yang kuat lebih penting dari sebelumnya, mengingat SERP yang kompetitif saat ini.

    Konsumen mencari produk dan layanan yang terkait dengan merek Anda, jadi Anda harus terlihat dan di depan audiens target Anda untuk mendorong peningkatan visibilitas, penjualan, dan kinerja.

    Mengikuti tip yang terbukti ini dapat membantu Anda mencapai puncak SERP dan mendominasi hasil lokal.

    Namun, jika restoran Anda masih buka untuk dibawa pulang, Anda dapat menggunakan pencarian lokal untuk memberi tahu pelanggan bahwa ruang makan tutup, tetapi dapur masih buka.

    Selain itu, Google telah mulai menampilkan atribut status pengoperasian toko di dalam Maps.


    Kesimpulan


    Semua merek yang memiliki lokasi fisik harus berada di depan audiens targetnya saat pengguna akhir menelusuri produk dan layanan atau lokasi toko Anda.

    Tetap mengikuti perubahan dalam pencarian lokal dan mengoptimalkan cantuman dan konten Anda dapat membantu merek Anda mendominasi hasil pencarian lokal, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan mendorong peningkatan kinerja dari tahun ke tahun.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Scroll to Top