undercover.co.id – Anda ingin mendapatkan rasio klik-tayang yang lebih tinggi? Mendorong lebih banyak organic traffic, dan meningkatkan tingkat konversi? Maka hindarilah kesalahan besar dalam membuat meta description berikut ini.
Kesalahan 1: Membuat meta description yang terlalu panjang
Aturan umum untuk panjang maksimum meta description adalah 160 huruf untuk desktop dan 120 120 huruf untuk hand phone. Meskipun anda membuat rangkuman isi konten terbaik, Google akan memotong atau bahkan menulisnya ulang jika anda mlebihi jumlah huruf maksimum diatas. Meta description yang singkat, jelas dan meyakinkan adalah kunci.
Kesalahan 2: Membuat meta description yang terlalu pendek
Walaupun mta description yang singkat itu penting, akan tetapi tidak berarti anda menyianyiakan ruang yang dialokasikan untuk merangkum dan mempromosikan konten anda. Kemungkinan Google akan melihat meta description yang pendek sebagai bentuk kekurangan substansi dan kualitas.
Kedua hal ini dapat berpotensi mengurangi peringkat anda dan deskripsi anda akan diganti oleh Google. Dengan membuat meta description hanya 160 karakter dengan sebuah call to action yang cocok, tidak ada alasan hal tersebut bisa terjadi.
Kesalahan 3: Membuat meta description yang tidak cocok dengan isi halaman website
Meta description dibuat untuk merangkum sebuah halaman terkait. Namun ada banyak contoh meta description yang dibuat dengan tidak akurat dengan isi halaman entah karena malas atau kurang detail.
Dengan hal ini tidak saja meta description anda akan tidak dipakai oleh mesin pencari, tetapi mengecilkan kemungkinan website anda akan diberi indeks dan ranking yang baik oleh Google.
Kesalahan 4: Membuat meta description yang kurang berisi keyword
Berpikirlah bawa meta description adalah kepanjangan dari judul website anda. Pastikan anda memasukkan kata kunci yang cukup, relevan dan terkait dengan topik untuk member sinyal kepada mesin pencari dan target audience bahwa deskripsi tersebut benar benar nyambung dengan isi konten pada halaman terkait.
Kesalahan 5: Membuat meta description yang menduplikasi meta description website atau halaman lain
Meta description yang duplikat dan muncul di berbagai website seringkali menjadi bukti kemalasan pembuat website.
Kita semua tahu bahwa konten duplikat termasuk meta descripstion yang duplikat tidak disukai oleh mesin pencari. Oleh karena itu setiap halaman dalam sebuah website harus memiliki meta description yang unik dan meyakinkan. Atau jika tidak, crawler mesin pencari akan mengabaikannya, pun demikian dengan konten yang dideskripsikan oleh meta description tersebut.
baca juga
Kesalahan 6: Menjejalkan keyword ke dalam meta description
Menjejali konten dengan keyword yang mirip atau bahkan yang sama adalah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan dalam teknik SEO. Pun demikian dengan meta description.
Kesalahan 7: Meta description anda membosankan
Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya meta description memiliki dua manfaat yaitu mendeskripsikan sebuah halaman website dan meyakinkan target audience anda melalui mesin pencari.
Sederhananya, jangan buat meta description anda terasa membosankan, atau kalau tidak pengunjung website anda hanya sekedar melirik lalu pergi.
Kesalahan 8: Tidak memasukkan call to action ke dalam meta description
Jika anda bisa menjelaskan konten dan konteks dari website anda dan masih ada tempat tersisa, anda bisa memasukkan call to action. Bisa jadi sebuah dorongan kecil kepada pengunjung website anda dapat membuat mereka mengklik website anda dibanding kompetitor anda.
Kesalahan 9: Bingung membedakan antara ‘ Meta Description’ dan ‘Snippets’
Meta description adalah deskripsi yang anda tulis sedangkan snippet adalah kata yang ditampilkan oleh mesin pencari di halaman pencariaan. Google menggunakan meta description hanya sebanyak 30% dari total waktu pencarian.
Meskipun demikian meta description masih bisa mempengaruhi final snippet yang muncul di laman pencarian.
Kesalahan 10:Tidak menulis meta description sama sekali
Adanya meta description bertujuan untuk memberikan alasan kepada customer mengapa mereka harus klik website anda. Dengan demikian meta description berperan penting dalam meningkatkan visibilitas website anda dan potensi rasio klik konten website anda di lamn pencarian.